Jumat 31 Aug 2018 22:27 WIB

Lomba Poster Republika.co.id Paling Banyak Diikuti Peserta

Peserta lomba poster bertema Care Energy, Care Nation, Be Green capai 430 orang

Rep: Dedy Hermawan/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Suasana peringatan HUT Republika Online.
Foto: republika/ani nursalikah
Suasana peringatan HUT Republika Online.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –  Republika.co.id menggelar berbagai kompetisi untuk meramaikan ulang tahun yang ke-23. Terdapat tiga cabang lomba yakni tulisan, poster, dan video. Berdasarkan rekapitulasi karya yang masuk ke panitia, karya poster paling banyak dikirim oleh para peserta.

Juri Lomba Poster Republika.co.id, Kurnia Fahrini mengungkapkan, tema utama poster yang diusung yakni Care Energy, Care Nation, Be Green. Peserta dibebaskan memilih aplikasi untuk membuat poster yang akan dibuat. Seperti Corel Draw, Adobe Photoshop, hingga lukisan tangan yang diukir langsung secara digital.

Batas waktu pengumpulan karya pada tanggal 20 Agustus 2018. Saat dilakukan penghitungan, total karya yang masuk sejumlah 340 poster dari peserta seluruh Indonesia. “Setelah dilihat memang yang paling banyak lomba poster. Mungkin karena banyak anak muda saat ini yang mulai suka dunia desain,” kata Kurnia saat berbincang bersama Republika.co.id, Jumat (31/8) malam.

Kurnia mengaku, karena jumlah poster yang diluar ekspektasi, proses penilaian terpaksa dilakukan oleh dua orang. Dari 340 poster, selanjutnya dipilih 30 poster terbaik. Setelah dilakukan penilaian tahap dua, dipilih 10 poster terbaik dan di seleksi menjadi tiga poster terbaik.

Hasil penilaian memutuskan juara satu lomba poster diraih oleh Aprijal Yogi Syaputra asal Lombok. Juara kedua oleh Jerit Swara dari Lombok.

Sedangkan Juara tiga dipegang oleh Ivan Divya Fauzan asal Ngawi. Juara pertama mendapatkan hadiah Rp 5 juta, juara dua sebesar Rp 3 juta, dan juara ketiga mendapat hadian Rp 1 juta.

Menurut Kurnia yang juga menjabat sebagai web desainer Republika.co.id, poster sangat kuat untuk dijadikan sebagai media penyampaian informasi di tengah masyarakat. Khususnya, bagi para generasi milenial. “Cara penyampaian lewat poster cenderung lebih mengena. Sebab, poster adalah gabungan dari gambar dan teks,” kata dia.

Kepala Republika.co.id Elba Damhuri mengatakan, perlombaan yang digelar merupakan kali pertama sepanjang Republika.co.id berdiri sejak 1995 silam. Perlombaan mengusung tema Care Energy, Care Nation, Be Green. Menurut Elba, tema itu diusung untuk menggaet generasi milenial agar peduli terhadap lingkungan.

“Ini tema yang sangat penting. Sebab, masalah lingkungan tidak hanya soal perubahan iklim dan efek rumah kaca, tapi juga berbicara hal kecil seperti cara membuang sampah yang benar,” kata Elba, Jumat (31/8).

Bagi Republika, generasi milenial Indonesia harus lebih peduli kepada lingkungan. Menciptakan lingkungan yang berkelanjutan perlu diawali dari hal-hal kecil yang sering tak disadari bahkan terlupakan. Di para milenial-lah, nasib lingkungan alam Indonesia ditentukan.

Elba mengatakan, lomba pertama ini mendapat sambutan yang cukup meriah dari masyarakat. Tercatat jumlah karya yang masuk dari tiga cabang perlombaan lebih dari seribu karya. Namun, yang memenuhi kriteria panitia hanya 733 karya yang selanjutkan masuk dalam tahap seleksi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement