Kamis 30 Aug 2018 17:52 WIB

Warga Depok Mulai Krisis Air

Sebagian warga terpaksa membeli air galon isi ulang untuk kebutuhan masak juga mandi.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Andi Nur Aminah
Penjual mengisi air bersih di depot pengisisan air  (ilustrasi)
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Penjual mengisi air bersih di depot pengisisan air (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Masyarakat Kota Depok pekan terakhir ini mulai merasakan dampak dari musim kemarau. Terutama di wilayah Kecamatan Sawangan. Mereka mengeluh dikarenakan air sumur gali dan sumur bornya sudah mulai keruh. Bahkan di beberapa kelurahan sudah mengering.

"Benar, saya terpaksa membeli air galon isi ulang untuk kebutuhan untuk beruwuduk dan memasak bahkan mandi. Sebab air sumurnya sudah kering. Jadi setiap hari saya beli air isi ulang lima sampai tujuh galon. Harganya Rp 5.000 per galon,” ujar Nori, seorang ibu rumah tangga di wilayah Duren Mekar, Depok, Kamis (30/8).

Menurut Nori, kekeringan itu, antara lain terjadi pada sebagian komplek Perumahan Bukit Rivaria, Bedahan. Kemudian di Duren Mekar, Sawangan Utara sampai ke Cinangka, perbatasan Kota Depok dengan Kota Tangerang Selatan. "Jadi di sebagian wilayah Serua air juga mulai keruh. Tapi wilayah Kedaung masih aman," kata Nori.

Dia juga mengeluhkan, bahwa ketika lagi tidak punya uang, terpaksa saya meminta air ke rumah tetangga yang sumurnya belum terlalu kering. Itupun hanya satu galon. "Namun tidak jauh dari Duren Mekar yakni kawasan Bedahan juga sudah mulai mengalami kekeringan, termasuk di perumahan Bukit Rivaria," tuturnya.

Salah seorang warga perumahan Bukit Rivaria, Ipin mengutarakan, dia terpaksa meminta air ke tetangga di blok lain, karena air sumurnya sudah kering. "Tapi kalau terlalu sering minta enggak enak juga, karena mereka juga khawatir sebentar lagi sumurnya kering," ucapnya.

Dari pantauan di lapangan, di daerah Perigi, Sawangan perbatasan dengan Kabupaten Bogor juga sudah mengalami kekeringan. Kekeringan di Kecamatan Sawangan itu memang tidak merata karena sebagian masih aman. Misalnya di Kampung Poncol dekat RSUD Kota Depok, air masih banyak.

Begitu juga di daerah Pengasinan, sebagian wilayah Duren Mekar, Di wilayah Duren Seribu sampai ke Parung air juga masih banyak. "Kami sudah mengalami kekeringan sejak seminggu ini. Kami kesulitan mendapatkan air bersih," tegas Cahyu, warga Sawangan, Depok. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement