Selasa 28 Aug 2018 22:35 WIB

Investasi SDM Kunci Peningkatan Daya Saing Bangsa

Iwan Sunito menilai Pemerintah Indonesia mulai fokus kembangkan SDM lewat vokasi

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
CEO Crown Group  Iwan Sunito
Foto: dok : Crown Group Indonesia
CEO Crown Group Iwan Sunito

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia dinilai perlu meningkatkan investasi di bidang sumber daya manusia (SDM). Sebab, pengembangan kompetensi SDM menjadi kunci peningkatan daya saing bangsa. 

Pendiri dan CEO Crown Group Iwan Sunito mengatakan, peningkatan kualitas SDM sangat diperhatikan di negara-negara lain. Iwan yang membangun bisnisnya di Australia menjelaskan, Pemerintah negeri Kangguru tersebut dan para pelaku usaha memiliki sinergi yang kuat dalam membangun SDM. 

"Setiap perusahaan punya anggaran khusus untuk melatih SDM. Investasi SDM sangat diperhatikan," kata Iwan saat berbincang dengan awak media di Jakarta, Selasa (28/8).

Iwan menilai, Pemerintah Indonesia juga sudah mulai serius mengembangkan kapasitas SDM. Pemerintah bersama industri telah membangun sinergi untuk memberikan pelatihan vokasi. "Saya yakin indonesia menuju ke arah sana. Tapi, pelatihan juga harus dibuat secara sistematis dan tidak difokuskan kepada satu bidang," katanya. 

Dia menambahkan, selain pelatihan praktik, peningkatan kualitas SDM juga bisa dilakukan dengan rutin menggelar seminar-seminar motivasi. Oleh karena itu, Iwan yang baru saja mendapatkan penghargaan 2018 Southern Courier’s Top 20 Most Influential Person di Australia, bersedia menjadi pembicara dalam acara Upgrade Seminar bertajuk Without Borders yang digelar Yayasan Gilgal, di Jakarta Utara, Rabu (29/8). 

Iwan mengaku akan membagi kisahnya dalam membangun bisnis Crown Group di Australia. Selain itu, ia mencoba mendorong para pemuda untuk berani berwirausaha.  “Masa depan bangsa ini berada di pundak generasi muda. Kami semua sangat ingin mendidik para pemuda melalui forum ini," kata dia. 

Ketua Pelaksana Seminar dan salah satu pengurus Yayasan Gilgal Suhardjo Cang menjelaskna, Yayasan Gilgal merupakan komunitas sosial dengan berfokus pada pengembangan SDM. Menurutnya, Yayasan Gilgal telah memberikan berbagai pelatihan kepada usaha kecil dan mikro (UKM), donor darah, bantuan sosial, bantuan pendidikan, hingga seminar. "Seminar mengundang pembicara dan praktisi dari berbagai bidang guna memberikan inspirasi, motivasi serta mendidik para peserta," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement