Ahad 26 Aug 2018 20:35 WIB

Krakatau Festival Kenalkan Lampung ke Dunia

Krakatau Festival berpotensi meningkatkan kunjungan pariwisata di Lampung.

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Yudha Manggala P Putra
Gelaran festival Krakatau. Ilustrasi
Gelaran festival Krakatau. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG --- Kementerian Pariwisata (Kemenpar) optimistis pariwisata di Lampung akan masuk 10 besar pada event pariwisata nasional. Bahkan potensi di daerah ini dinilai bisa menjadi destinasi wisata terbaik di dunia.

"Lampung sudah menjadi salah satu destinasi utama di Indonesia, dan Lampung memiliki banyak destinasi wisata yang dapat dijadikan sebagai event nasional, bahkan top ten event nasional. Lebih dari itu, Lampung akan masuk dalam the best destination and event in the world," kata Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kemenpar Riwud Mujirahayu pada acara Parade Budaya Lampung di Lapangan Saburai, Enggal, Bandar Lampung, Ahad (26/8).

Riwud mengatakan, Kemenpar menargetkan di tahun 2018, kunjungan pariwisata mencapai 17 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan 270 juta wisatawan nusantara (wisnus). Diharapkan tahun 2019, mampu mencapai 20 juta wisman dan 275 juta wisnus.

"Lampung merupakan salah satu pendukung kunjungan pariwisata yang ada di Indonesia. Dan diharapkan melalui Lampung Krakatau Festival mampu berkontribusi dalam memberikan sumbangan kunjungan wisman dan wisnus, khususnya di Lampung tercinta," ujar Riwud.

Ia menjelaskan pengembangan pariwisata di Lampung akan mencapai puncaknya, apabila menerapkan dan mempersatukan pentahelic ABCGM (akademisi, bisnis, comunity, goverment, dan media) guna meningkatkan pariwisata Lampung. Serta dengan meningkatkan unsur 3A yaitu aksesbilitas, amenitas, dan atraksi.

Dengan menerapkan, mempersatukan dan meningkatkan unsur tersebut, maka diyakini pariwisata Lampung akan semakin meningkat. "Dan harapannya melalui Lampung Krakatau Festival mampu menjadi salah satu tonggak untuk memperkenalkan Lampung ke dunia," katanya.

Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo mengapresiasi dukungan masyarakat dalam festival budaya dengan antusias mengikutinya.

"Parade budaya, kesenian dan promosi budaya, serta event aktraktif lainnya dengan ikonnya tersendiri mampu menjadi bagian event pariwisata nasional yang mampu mengungkit pariwisata Lampung," jelas Ridho.

Menurutnya, dengan keberagaman masyarakat dan posisi strategis Lampung, masih ada sekitar 50 persen potensi yang dapat meningkatkan pariwisata Lampung. "Akan beroperasinya jalan tol trans Sumatera, dermaga eksekutif, dan Bandara Internasional Raden Intan. Sangat dimungkinkan kawasan ekonomi pariwisata 100 persen meningkat," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement