Jumat 24 Aug 2018 16:21 WIB

Rute KA Wijayakusuma Diperpanjang

KA Wijayakusuma hanya akan melakukan perjalanan 1 kali pulang pergi

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Esthi Maharani
Layanan kereta api.
Foto: Yusuf Assidiq
Layanan kereta api.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Untuk meningkatkan okupansi penumpang, KA Wijayakusuma yang semula hanya melayani relasi Cilacap-Yogya-Solo PP akan diperpanjang relasi perjalanannya hingga ke Banyuwangi, Jawa Timur.

''Rencana perpanjangan relasi KA Wijayakusuma ini, akan mulai diterapkan pada 1 September 2018. Dengan demikian, KA Wijayakusuma tidak hanya melayani rute Cilacap-Solo-Yogya, namun hingga Banyuwangi,'' jelas Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Supriyanto, Jumat (24/8).

Dia menyebutkan, perpanjangan rute KA Wijayakusuma ini untuk mengakomodasi masyarakat yang hendak berpergian baik untuk kepentingan bisnis, pendidikan maupun wisata di sepanjang jalur Cilacap-Banyuwangi. Termasuk masyarakat di Jateng selatan/DIY yang hendak berpergian ke Bali, bisa memanfaatkan KA Wijayakusuma karena hanya tinggal menyeberang ke Bali.

Selama ini, kata Supriyanto, KA Wijayakusuma melayani rute Cilacap-Yogya dan Cilacap-Solo, dalam dua kali perjalanan pulang pergi dalam sehari. Namun dengan perpanjangan rute ini, KA Wijayakusuma hanya akan melakukan perjalanan 1 kali pulang pergi dalam sehari.

Untuk jadwal keberangkatan, dia menyebutkan, KA Wijayakusuma akan berangkat dari stasiun Cilacap pukul 14.10. KA ini akan berhenti melayani penumpang di  di stasiun Maos, Kroya, Sumpiuh, Gombong, Kebumen, dan Kutoarjo. Selanjutnya, KA juga berhenti di stasiun Yogyakarta, Solo Balapan, Solo Jebres, Sragen, Madiun, Nganjuk, Kertosono, Jombang, Mojokerto, dan tiba di Stasiun Surabaya gubeng pukul 23.59.

Dari Surabaya KA melanjutkan perjalanan dan tiba di Stasiun Banyuwangi pukul 07.02. Dalam perjalanan balik, KA Wijayakusuma berangkat dari staisun Banyuwangi pukul 11.05, dan tiba di Stasiun Cilacap pukul 04.42

Supriyanto juga menyebutkan, rangkaian KA Wijayakusuma ini menarik 7 gerbong penumpang. Dari jumlah gerbong tersebut, 4 gerbong merupakan kelas eksekutif dengan kapasitas 200 penumpang, dan 3 gerbong kelas premium dengan kapasitas  192 penumpang.

''Selama awal perjalanan dengan perpanjangan rute ini, untuk keberangkatan 1-30 September 2018 berlaku tarif promo mulai Rp 220.000. Tiket sudah bisa dipesan mulai tanggal 23 Agustus 2018,'' jelasnya.

Selain itu, kata Supriyanto, berlaku tarif khusus untuk pembelian tiket go show atau pembelian maksimal mulai 2 jam sebelum pemberangkatan KA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement