Kamis 23 Aug 2018 09:13 WIB

Islam Menjaga Keseimbangan dan Toleransi

Islam agama yang mengajak kedamaian dan menjaga keutuhan manusia.

Shalat Idul Adha Palembang. Foto aerial saat warga menunaikan shalat Iedul Adha di Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin, Palembang, Rabu (22/8).
Foto:
Sejumlah warga melaksanakan ibadah shalat ied di Posko Pengungsian, Desa Kekait, Desa Gunungsari, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Rabu (22/8).

Wakil Ketua Dewan Pakar Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia Rokhmin Dahuri mengatakan, umat manusia yang hidup di zaman milenial perlu mengambil hikmah simbolis di balik peristiwa Idul Adha. “Peristiwa yang dialami Nabi Ibrahim AS bersama Nabi Ismail AS mengandung pembelajaran supaya kita laksanakan dalam kehidupan keseharian kita,” kata Rokhmin dalam khutbahnya di Lapangan Masjid Al Ihsan, Riset Perkebunan Nusantara, Kampus Taman Kencana, Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/8).

Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor itu menjelaskan, setidaknya, ada tiga ibrah utama agar kaum Muslimin hidup sukses dan bahagia di dunia dan akhirat. Ketiga hal tersebut adalah ketakwaan, hubungan antarmanusia (kepekaan sosial), dan peningkatan kualitas diri.

Berkorban untuk Lombok

Presiden Joko Widodo memaknai perayaan Idul Adha 1439 H sebagai momen untuk berbagi dan membantu, terutama untuk masyarakat yang menjadi koban bencana gempa bumi Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kepala Negara mengajak masyarakat Indonesia agar menyisihkan sedikit hartanya untuk membantu para korban bencana gempa di Lombok.

"Dan mengajak kita semuanya di Hari Raya Idul Adha ini sedikit-sedikit semuanya mau membantu saudara kita yang terkena musibah di Lombok, di NTB pada umumnya," kata Jokowi.

Kemarin, Presiden Jokowi melaksanakan shalat Idul Adha di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor. Sementara, Wakil Presiden Jusuf Kalla menunaikan shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal, Jakarta.

(dessy suciati saputri/irwan kelana, ed: satria kartika yudha)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement