Selasa 21 Aug 2018 16:30 WIB

OBI dan BCA Gelar Pendidikan Karakter Ekspedisi Alam

Sebanyak 19 peserta adalah penyandang disabilitas

Rep: Adysha Citra R/ Red: Hiru Muhammad
Kegiatan talkshow yang dilakukan OBI bersama BCA
Kegiatan talkshow yang dilakukan OBI bersama BCA

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Pendidikan karakter melalui aktivitas luar ruang diyakini banyak kalangan memiliki dapak positif bagi pengembangan pribadi seseorang. Salah satunya dapat dilakukan melalui petualangan luar ruang (outdoor adventure) yang didampingi  tenaga pendidik luar ruang profesional.

Riset English Outdoor Council menunjukkan pendidikan luar ruang dapat menumbuhkan sikap kemandirian, menambah percaya diri hingga meningkatkan kemampuan untuk mencari jalan keluar dalam menghadapi tantangan.

Pendidikan luar ruang juga diketahui dapat melatih keterampilan berinteraksi sosial, kecakapan dalam berkomunikasi hingga meningkatkan kemampuan beradaptasi dalam menjalin kerjasama tim dengan lebih mudah.

Konsep itu dilakukan Outward Bound Indonesia (OBI) dalam program Ekspedisi Bhinneka Bagi Bangsa bertajuk Merenda Mutiara Nusantara. Kegiatan ini diikuti 33 pelajar dari berbagai daerah di Indonesia yang mengikuti beasiswa pendidikan di Ekspedisi Bhinneka Bagi Bangsa 2018 ini. Sebanyak 24 pelajar berasal dari DKI Jakarta, Banten 3 orang, Nanggroe Aceh Darussalam 2 orang, dan sisanya 1 pelajar berasal dari Nusa Tenggara Barat, Jawa Timur, Riau, serta Jambi.

Sebanyak 19 peserta atau 60 persen di antaranya merupakan peserta penyandang disabilitas. Sebanyak 11 peserta merupakan tuna netra, tiga lainnya adalah tuna daksa dan lima sisanya adalah tuna rungu dan wicara. "Pendidikan luar ruang dipilih karena dapat memberi dampak positif bagi anak-anak muda," kata Founder and Chief Executive Officer Outward Bound Indonesia Djoko Kusumowidagdo dalam keterangan tertulisnya, Senin (20/8).

Beberapa kegiatan yang diikuti para peserta antaranya adalah pelatihan Berinteraksi dan Menginap di Komunitas Lokal, Pendakian dan Pelaksanaan Upacara Kemerdekaan dan Penghormatan Bendera Merah Putih di Puncak Gunung Parang, Berkemah dan Ekspedisi Air. Tahun ini, kegiatan ekspedisi didukung Yayasan Helping Hands dan PT Bank Central Asia (BCA) Tbk.

Executive Vice President CSR BCA Inge Setiawati mengatakan program CSR BCA berada di bawah payung Bakti BCA yang tertuang dalam beberapa program. Salah satunya adalah membina generasi muda Indonesia untuk mempererat persatuan dan kesatuan Indonesia dalam keberagaman yang berlandaskan Pancasila. "Bakti BCA mendukung kegiatan Ekspedisi Bhinneka Bagi Bangsa yang diselenggarakan Outward Bound Indonesia," kata Inge.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement