Ahad 19 Aug 2018 15:51 WIB

Warga Padang Bentangkan Bendera Merah Putih Sepanjang 1 Km

Tahun-tahun mendatang ditargetkan pengibaran bendera yang lebih panjang.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Dwi Murdaningsih
Masyarakat Kota Padang membentangkan bendera merah putih sepanjang 1 km, Ahad (19/8). Kegiatan ini dilakukan untuk memeriahkan peringatan HUT ke-73 kemerdekaan RI.
Foto: dok. Istimewa
Masyarakat Kota Padang membentangkan bendera merah putih sepanjang 1 km, Ahad (19/8). Kegiatan ini dilakukan untuk memeriahkan peringatan HUT ke-73 kemerdekaan RI.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG - Warga Kota Padang, Sumatra barat mengibarkan bendera merah putih sepanjang 1 kilometer (km) untuk memperingati HUT ke-73 kemerdekaan RI. Pembentangan bendera ini dibalut dengan acara jalan sehat yang diikuti oleh ribuan orang pada Ahad (19/8) pagi tadi.

Acara ini diinisasi oleh Ikatan Pemuda Pemudi Aur Duri Bersatu (IPAB) dan melibatkan masyarakat yang tinggal di Kelurahan Parak Gadang Timur, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang. Acara jalan sehat dimulai dari Balai Pemuda Aur Duri dan berlanjut dengan rute sepanjang 3 km.

Kirab bendera merah putih sepanjang 1 km juga sengaja melalui Tugu Api atau Tugu Tigo Tungku Sajalin yang memiliki latar sejarah perjuangan masyarakat Kota Padang dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Ketua Panitia Pelaksana, Zulfardiman, menyebutkan bahwa bendera 1000 meter tersebut merupakan pinjaman dari salah satu Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) di Padang. Bendera tersebut, lanjutnya, sengaja dipinjam dari mahasiswa tersebut sebagai bentuk memeriahkan hari kemerdekaan.

"Semangat kita semangat perjuangan dengan moto 17 Agustus. Antusias peserta luar biasa yang datang dari berbagai kalangan," kata Zulfardiman, Ahad (19/8).

Zulfardiman merasa bersyukur karena antusiasme masyarakat Kota Padang cukup tinggi dalam mengarak bendera merah putih sepanjang 1 km tadi pagi. Ia menargetkan, tahun-tahun mendatang kegiatan serupa bisa diadakan kembali, bahkan dengan ukuran bendera yang lebih panjang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement