Selasa 14 Aug 2018 06:39 WIB

Jalan Asia Afrika Ditutup Saat Pembukaan Asian Games

Penutupan Asia Afrika dilakukan dalam sistem buka tutup.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Indira Rezkisari
Rombongan bus atlet Asian Games 2018 melintasi Tol Dalam Kota saat simulasi penutupan pintu tol di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Sabtu (4/8).
Foto: Antara/Reno Esnir
Rombongan bus atlet Asian Games 2018 melintasi Tol Dalam Kota saat simulasi penutupan pintu tol di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Sabtu (4/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jalan Asia Afrika akan ditutup pada saat pembukaan Asian Games berlangsung. Penutupan Jalan Asia Afrika berkaitan juga penutupan pintu 10 Gelora Bung Karno.

"Rencana ada penutupan di Jalan Pemuda, tapi yang sisi dekat GBK bukan yang TVRI. Kan Jalan Pemuda ada dua lajur. Yang satu GBK yang satu dekat TVRI. Yang di TVRI tidak ditutup. Kemudian yang Jalan Asia Afrika nanti ditutup," ujar Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Yusuf, di Mapolda Metro Jaya, Senin (13/8).

Penutupan dilakukan untuk menyambut kedatangan beberapa kepala negara yang melewati jalur tersebut. Rencananya, hari ini Selasa (14/8), Ditlantas akan berdiskusi dengan sejumlah instansi terkait untuk membahas jam tutupnya.

"Yang jelas nanti beberapa jam harus clear tempat itu, karena ada beberapa kepala negara datang melewati itu. Tapi ini kepentingan masyarakat pengguna jalan juga, kita akomodir juga," jelas Dirlantas.

Artinya, tidak akan ada penutupan jalan secara total. Sistemnya buka tutup. Pada saat mobil beberapa kepala negara lewat maka jalan akan ditutup, pada saat nanti sudah kosong akan dibuka kembali.

Hari ini dalam diskusi, Ditlantas juga akan mengundang beberapa pengusaha, termasuk pemilik Plaza Senayan, Hotel Fairmont, Senayan City, Hotel Mulia, dan pengelola golf di Senayan. "Kita akan memberitahukan. Jangan nanti pada saat pelaksanaan mengeluh ke kita," kata Yusuf.

Kemudian bagi pengunjung yang ingin ke GBK pada saat jalan ditutup, akan disiapkan shelter bus di masing-masing tempat. Contohnya, seperti di Gedung DPR MPR. Mobil bisa parkir di sana, kemudian pengunjungnya dibawa masuk ke dalam dengan bus. "Kendaraan pribadi tidak boleh masuk," kata dia lagi.

Pembukaan Asian Games 2018 tinggal menyisakan empat hari lagi. Animo masyarakat untuk menyaksikan peristiwa bersejarah ini sangat tinggi. Untuk tiket Kategori C yang dijual dengan harga 750 ribu rupiah sudah habis terjual. Hal ini diungkapkan Deputi II Inasgoc bidang administrasi pertandingan, Francis Wanandi.

Di laman Kiostix, yang tersisa hanya kelas A yang dijual Rp 5 juta dan kategori B yang dijual seharga Rp 1,5 juta. Meski kapasitas SUGBK mencapai 78 ribu tempat duduk, namun tiket untuk pembukaan Asian Games 2018 yang akan dijual hanya 40 ribu tiket. Menurut Francis, harga tiket tersebut tergolong murah jika dibanding dengan acara sejenis.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement