Senin 13 Aug 2018 14:21 WIB

Kebakaran Sukabumi Akibat Warga Bakar Sampah Sembarangan

Pembakaran sampah mengakibatkan pohon-pohon disekitarnya ikut terbakar.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Gita Amanda
Kebakaran melanda toko pengolahan kayu di Jalan RA Kosasih Kota Sukabumi Ahad (12/8) sore. Kebakaran yang diduga dari kompor gas ini menyebabkan kerugian hingga Rp 500 juta
Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Kebakaran melanda toko pengolahan kayu di Jalan RA Kosasih Kota Sukabumi Ahad (12/8) sore. Kebakaran yang diduga dari kompor gas ini menyebabkan kerugian hingga Rp 500 juta

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Kejadian kebakaran kembali melanda wilayah Kota Sukabumi, pada Senin (13/8) siang. Kali ini kebakaran terjadi di areal pohon bambu di Jalan Merbabu RT 03 RW 10 Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, akibat warga yang membakar sampah sembarangan.

''Pada Senin pukul 10.30 WIB telah terjadi kebakaran talud atau pohon bambu di pinggir jalan sepanjang 52 meter,'' ujar Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, Zulkarnain Barhami kepada wartawan Senin. Penyebab terjadinya kebakaran menurut Zulkarnain akibat dari aktivitas warga yang membakar sampah sembarangan.

Pembakaran sampah ini lanjut Zulkarnain, mengakibatkan pohon-pohon terbakar. Hal ini diketahui dari warga yang berada di sekitar lokasi kejadian.

Zulkarnain menuturkan, diperoleh keterangan dari ketua RT yang menyebutkan ada yang membakar pohon sehingga melebar sepanjang 52 meter. Selanjutnya sekitar pukul 10.45 WIB sebanyak empat unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) tiba di lokasi.

 

Upaya pemadaman di bantu aparat wilayah setempat, Satpol PP, polisi dan masyarakat setempat. Kobaran api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 11.00 WIB. ''Karena banyaknya kejadian kebakaran ini maka kami imbau kepada seluruh masyarakat Kota Sukabumi jangan membakar sampah atau pohon,'' imbuh Zulkarnain.

Sebab menurutnya bila hal tersebut terus dilakukan akan mengakibatkan kebakaran lebih luas. Terlebih saat ini sudah masuk musim kekeringan, sehingga lebih rawan kebakaran.

Beberapa jam sebelumnya kebakaran terjadi di RT 04 RW 06 Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi pada Senin pagi sekitar pukul 05.00 WIB. ''Kebakaran terjadi lagi melanda satu rumah warga,'' ujar Zulkarnain.

Rumah warga yang terbakar tersebut milik Kasiman. Beruntung kebakaran berhasil dipadamkan dan tidak merembet ke permukiman warga lainnya. Penyebab terjadinya kebakaran di duga akibat hubungan pendek arus listrik.

Sebelumnya peristiwa kebakaran melanda sebuah toko pengolahan kayu atau kusen di Jalan RA Kosasih Kecamatan Cikole Kota Sukabumi, Ahad (12/8) sore. Diduga kebakaran tersebut berasal dari kompor gas yang merembet ke kayu atau bahan lainnya yang mudah terbakar.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement