Kamis 09 Aug 2018 21:40 WIB

Ma'ruf Amin Cawapres Jokowi, Cak Imin: Yang Penting JOIN

Cak Imin mengira Mahfud MD yang akan dipilih Jokowi.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Muhammad Hafil
Presiden Joko Widodo mendeklarasikan cawapres pendampingnya yakni Ma'ruf Amin, dengan didampingi seluruh ketum dan sekjen parpol koalisi pendukungnya di Restoran Plataran Menteng, Kamis (9/8).
Foto: Republika/Dessy Suciati Saputri
Presiden Joko Widodo mendeklarasikan cawapres pendampingnya yakni Ma'ruf Amin, dengan didampingi seluruh ketum dan sekjen parpol koalisi pendukungnya di Restoran Plataran Menteng, Kamis (9/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengaku bahagia dengan terpilihnya Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin sebagai calon wakil presiden oleh Joko Widodo. Menurutnya pilihan Jokowi terhadap Ma'ruf Amin telah mengakomodir keinginan partai koalisi, termasuk PKB.

"Ya bahagialah, yang penting JOIN. Jokowi Ma'ruf Amin. Apa JOIN singkatannya? Jokowi Ma'ruf Amin," ujar Cak Imin usai hadir dalam deklarasi Jokowi di Restoran Plataran, Menteng, Jakarta, Kamis (9/8).

Menurut Cak Imin, semua partai koalisi Jokowi langsung menyetujui begitu nama Ma'ruf Amin disebut oleh Jokowi sebagai cawapres yang mendampinginya. Cak Imin mengatakan sejak awal memang seluruh partai menyerahkan nama cawapres kepada Jokowi.

Namun Cak Imin juga mengaku sempat terkejut begitu tau nama Ma'ruf yang dipilih oleh Jokowi. Lantaran hingga detik-detik deklarasi nama mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD justru kencang yang akan dipilih oleh Jokowi.

"Awalnya saya mengira juga Pak Mahfud kemudian tadi terpilih Kiai Ma'ruf Amin dan semua ketua umum setuju dan memang ini terbaik agar semua kekuatan bersatu," ujar Cak Imin.

Presiden Joko Widodo telah memutuskan nama calon wakil presiden yang akan mendampinginya dalam Pemilihan Presiden atau Pilpres 2019 adalah Ketua Majelis Ulama Indonesia KH Maruf Amin.

Menurut Jokowi, keputusan ini telah ditandatangani oleh sembilan ketua umum dari partai politik pendukungnya.

"Saya memutuskan dan telah mendapat persetujuan dari partai-partai koalisi yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja bahwa yang akan mendampingi sebagai calon wakil presiden adalah Profesor Kiai Haji Ma'ruf Amin," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan pendaftaran pasangan tersebut ke KPU akan dilakukan Jumat (10/8) pukul 09.00 WIB. Jokowi dan Ma'ruf rencananya akan berangkat dari Gedung Joang 45 menuju ke KPU. Mereka juga akan didampingi oleh para ketum parpol koalisi pendukungnya.

"Jam 9 pagi kami akan mendaftarkan ke KPU berangkat dari Gedung Joang 45 menuju ke KPU beserta para ketum sekjen dan seluruh relawan," kata Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement