Jumat 03 Aug 2018 15:35 WIB

Wapres JK Pastikan Kali Sentiong tak Lagi Mengeluarkan Bau

Anies menyebut upaya penghilangan bau oleh Pemprov DKI hanya untuk jangka pendek

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Wapres JK antar Gubernur DKI Anies Baswedan sampai ke dalam ruang kerja di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (3/8) usai mengecek kesiapan Venue Asian Games 2018
Foto: Dok. Tim Media Wapres
Wapres JK antar Gubernur DKI Anies Baswedan sampai ke dalam ruang kerja di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (3/8) usai mengecek kesiapan Venue Asian Games 2018

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla memastikan Kali Sentiong tidak lagi mengeluarkan bau tak sedap. Hal ini disampaikannya usai meninjau kondisi terkini Kali Sentiong yang letaknya berada di belakang Wisma Atlet Asian Games 2018.

Ketika meninjau Kali Sentiong, Jusuf Kalla selaku Ketua Dewan Pengarah Asian Games sempat memakan buah pisang. Hal ini dilakukannya untuk menunjukkan kepada publik bahwa Kali Sentiong sudah tidak mengeluarkan bau yang menyengat. 

"Kita makan pisang disitu, tidak ada soal, tidak ada campur dengan bau disitu, tidak," ujar Jusuf Kalla dalam konferensi pers di Gelora Bung Karno, Jumat (3/8).

Sebelumnya, Jusuf Kalla melakukan peninjauan kesiapan fasilitas Asian Games 2018. Dalam peninjauan tersebut Jusuf Kalla didampingi oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Wakapolri Syafruddin selaku Chief de Mission Asian Games 2018, dan Ketua Inasgoc Erick Thohir.

Wakil presiden beserta rombongan meninjau beberapa ruangan seperti kamar tidur, taman, dan ruang makan di tower 1 Wisma Atlet Kemayoran. Usai meninjau Wisma Atlet, rombongan bergerak menuju Kali Sentiong. 

Kali Sentiong yang berada di belakang Wisma Atlet Kemayoran memang menjadi perhatian masyarakat menjelang perhelatan Asian Games 2018. Bau tak sedap yang keluar dari Kali Sentiong tersebut tengah menjadi sorotan publik. 

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah melakukan upaya untuk mengurangi bau tak sedap yang keluar dari Kali Sentiong tersebut. Upaya yang dilakukan yakni menutup dengan jaring dan mengguyur 500 kg serbuk penghilang bau, Degone ke Kali Sentiong. 

Baca: Upaya Pemprov DKI Berhasil, Kali Item Sudah tidak Bau Lagi

Ketika tiba di Kali Sentiong, Jusuf Kalla sempat bertanya kepada wartawan apakah kali tersebut masih mengeluarkan bau. "Cium bau nggak enak, nggak?" ujar Jusuf Kalla. 

Wartawan yang meliput kunjungan wakil presiden tidak mencium bau menyengat dari Kali Sentiong. Jusuf Kalla bersama rombongan kemudian memakan buah pisang sambil berdiri di pinggir Kali Sentiong. Ini menandakan bahwa Kali Sentiong sudah tidak lagi mengeluarkan bau menyengat.

"Bau nggak, bau nggak? Kan ini hanya bau pisang saja, jadi ya sudah ketahuan kan gimana ? Sudah tidak bau," ujar Jusuf Kalla saat berbincang dengan awak media. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, kondisi Kali Sentiong kini sudah tidak lagi mengeluarkan bau yang menganggu. Upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memang bersifat jangka pendek. Namun, Anies berharap upaya ini dapat membuat suasana di sekitar wisma atlet kondusif dan nyaman. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement