Kamis 02 Aug 2018 16:01 WIB

Jokowi Dijadwalkan Membuka Temu Karya Relawan PMI

Kegiatan ini, akan merumuskan seputar kinerja PMI.

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Agus Yulianto
Pejabat Bupati Purwakarta Taufiq Budi Santoso didampingi Ketua PMI Kabupaten Purwakarta, Lalam Martakusuma.
Foto: Dokumen Diskominfo Purwakarta
Pejabat Bupati Purwakarta Taufiq Budi Santoso didampingi Ketua PMI Kabupaten Purwakarta, Lalam Martakusuma.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Palang merah Indonesia (PMI) Kabupaten Purwakarta, akan menjadi tuan rumah temu karya nasional relawan ke VI. Rencananya, temu karya ini dibuka oleh Presiden Joko Widodo. Selain itu, Ketua Umum PMI Jusuf Kalla juga hadir di acara tersebut. Tak tanggung-tanggung, relawan yang menjadi peserta mencapai 5.000 orang.

Ketua PMI Kabupaten Purwakarta, Lalam Martakusuma, mengatakan, temu karya relawan se-Indonesia ini akan digelar selama enam hari. Terhitung mulai 17 sampai 22 September 2018. Upacara pembukaan temu karya ini, di Taman Pasanggrahan Padjajaran alun-alun Purwakarta. Setelah itu, kegiatan akan di lanjutkan di tepi Waduk Jatiluhur.

"Jadi, temu karya ini rencananya akan dibuka langsung oleh Pak Presiden serta Ketum PMI juga hadir," ujar Lalam, kepada Republika.co.id, Kamis (2/8).

Kegiatan ini, akan merumuskan seputar kinerja PMI. Selain itu, para elawan ini akan berbaur dengan masyarakat sekitar. Apalagi, dalam temu karya ini konsepnya mengusung tentang lingkungan. Sebab, mereka akan membuka camping ground di pinggir waduk terbesar di Jabar tersebut.

Dalam temu karya relawan nasional ini, lanjut Lalam, diharapkan ada out put untuk masyarakat sekitar. Sebab, para relawan ini nantinya akan membangun rumah tidak layak huni, membangun toilet, bak sampah serta kegiatan sosial lainnya.

Pejabat Bupati Purwakarta Taufiq Budi Santoso, mengaku, sangat mengapresiasi dengan adanya temu karya relawan PMI nasional ini. Apalagi, acara tersebut akan dibuka dan dihadiri oleh Presiden Jokowi dan Ketum PMI Jusuf Kalla yang merupakan Wapres RI.

"Diharapkan, dengan kehadiran Presiden dan Wakil Presiden ini, akan membawa nama Purwakarta menjadi lebih populer lagi," ujar Taufiq.

Selain itu, dengan adanya temu karya relawan yang mengundang 5.000 peserta ini, sektor pariwisata Purwakarta bisa terdongkrak lagi. Karena itu, sejak saat ini pihaknya akan menyiapkan segala sesuatunya. Guna menunjang kesuksesan temu karya relawan PMI tingkat nasional ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement