Rabu 01 Aug 2018 18:20 WIB

Dispertan Purbalingga akan Adakan Kontes Ternak

Selain lomba, peternak juga dipersilakan untuk melakukan transaksi.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Yusuf Assidiq
Hewan ternak sapi.
Foto: Antara.
Hewan ternak sapi.

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga, Jawa Tengah, melalui Dinas Pertanian (Dinpertan),  akan menyelenggarakan kegiatan Gelar Potensi Peternakan atau Kontes Ternak Purbalingga 2018. Kegiatan yang akan dilaksanakan 7 Agustus, selain untuk memeriahkan HUT Kemerdeksaan RI ke 73, juga dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha.

''Lokasi kontes, rencananya akan dilaksanakan di Pasar Hewan Kota Purbalingga. Dalam kontes tersebut, berbagai hewan ternak akan dilombakan untuk dipilih yang terbaik,'' jelas Kepala Bidang Peternakan pada Dinas Pertanian (Dinpertan) Kabupaten Purbalingga, Maharsi Wulan.

Bahkan dia juga menyebutkan, dalam ajang tersebut, para peternak juga bisa memamerkan hasil ternaknya kemudian ditawarkan pada pengunjung. Khususnya, untuk ternak khusus untuk hewan kurban, seperti sapi, kambing dan domba.

''Selain lomba, peternak juga dipersilakan untuk melakukan transaksi. Melalui lomba ini, kami berharap pedagang bisa memasarkan hasil ternaknya dengan harga yang baik,'' katanya.

Ia menjelaskan, untuk hewan ternak yang dilombakan, terbagi dalam beberapa kategori. Antara lain, kategori Sapi Peranakan Ongole (PO) Jantan dan Betina, Kambing Kejobong Jantan dan Betina, Sapi Simental Jantan dan Betina, dan Sapi Limousin Jantan dan Betina.

''Kriteria yang dinilai, tidak hanya dari bobot saja. Tapi juga harus sehat, bebas dari penyakit hewan menular, tidak cacat fisik, bebas cacat alat reproduksi, ambing normal dan tidak menunjukkan gejala kemajiran,'' katanya.

Selain perlombaan, Wulan juga menyatakan juga akan diadakan pameran ternak, sarasehan bidang peternakan dan bursa ternak. Sarasehan diselenggarakan sebagai ajang silaturahmi dan tukar pendapat serta menambah wawasan bagi peternak, petugas dan stake holder peternakan di Purbalingga.

''Sarasehan ini rencananya akan dihadiri plt bupati Purbalingga bersama Forkopimda, para pelaku usaha peternakan, akademisi dan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait,'' katanya.

Total hadiah yang disediakan berupa tropi dan uang pembinaan senilai Rp 20 juta, dan  beragam doorprize. ''Peternak  yang akan mengikuti kontes, dipersilan mendaftar ke Sekretariat Gelar Potensi Ternak,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement