Selasa 31 Jul 2018 10:31 WIB

Koperasi SMU di Kendari Miliki Kekayaan Hingga Rp 3,5 M

Koperasi fokus pada unit usaha simpan pinjam.

Dana bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). (ilustrasi)
Foto: www.inilahjabar.com
Dana bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KENDARI -- Koperasi Pegawai Negeri Sekolah Menengah Umum 4 Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara yang berdiri pada 1985 hingga saat ini telah mencatatkan kekayaan Rp 3,5 miliar. Ketua KPN "Kita Sejahtera" SMU 4 Kendari Liyu di Kendari, Selasa (31/7), mengatakan koperasi yang saat ini sudah memiliki anggota 100 orang fokus pada unit usaha simpan pinjam.

"Sejak berdiri tahun 1985 hingga saat ini pengurus dan anggota KPN 'Kita Sejahtera' konsisten dengan unit usaha simpan pinjam," kata dia.

Koperasi yang mendapat predikat terbaik pada 2018 itu, memiliki sisa hasil usaha (SHU) sampai Desember 2017 tercatat Rp 270 juta, sedangkan dana cadangan Rp  344.750.491.Menurut Liyu, dana cadangan dipersiapkan untuk menutupi pinjaman anggota yang tidak memungkinkan lagi melakukan pengembalian karena meninggal dunia.

"Ini salah satu keunggulan koperasi 'Kita Sejahtera' menjadi koperasi terbaik," katanya.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) Sultra Hery Alamsah mengapresiasi kreativitas pengurus KPN "Kita Sejahtera" SMU 4 Kendari sehingga tetap eksis hingga saat ini. "Koperasi SMU 4 Kendari sudah menginjak usia 33 tahun. Usia cukup mapan namun anggota dan pengurus dituntut kreatif karena persaingan makin ketat," katanya.

Menurut dia, kemampuan menyediakan pinjaman kepada anggota sampai Rp 150 juta sudah tergolong fantastis karena koperasi tersebut setingkat sekolah. Namun menurut Hery, pengurus dan anggota harus tetap hati-hati. Pengelolaan keuangan dan penataan organisasi harus menjadi perhatian agar tetap sehat dan andal.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement