Senin 30 Jul 2018 16:44 WIB

Khofifah: Keterwakilan Perempuan dalam Politik Itu Penting

Hadirnya perempuan dalam dunia politik akan memberikan suasana yang lebih sejuk

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Esthi Maharani
Khofifah Indar Parawansa
Foto: Republika/Yasin Habibi
Khofifah Indar Parawansa

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Gubernur Jawa Timu terpilih Khofifah Indar Parawansa memberikan pembekalan kepada para Bacaleg perempuan Jawa Timur di Hotel Novotel Surabaya, Senin (30/7). Pembekalan tersebut dimaksudkan agar para Bacaleg perempuan bisa memiliki strategi dalam upaya memenangkan kontestasi Pileg 2019 sehingga, diharapkan nantinya bisa semakin banyak kaum hawa yang berkancah dan memiliki peran dalam dunia perpolitikan tanah air.

Khofifah kemudian mengungkapkan pentingnya keterwakilan perempuan dalam politik di Indonesia. Menurutnya, dengan semakin banyak perempuan yang terlibat dalam dunia politik, maka akan tercipta low politik yakni politik yang lebih meneduhkan dan jauh dari kegaduhan.

"Negara-negara skandinavia itu yang paling kuat memperjuangkan keterwakilan perempuan, karena mereka berharap yang terbangun adalah low politik. Jadi bagaimana politik yang sejuk, politik yang damai, politik yang santun," kata Khofifah seusai pengarahan.

(Baca: Khofifah Beri Tips untuk Bacaleg Perempuan)

Khofifah melanjitkan, berdasarkan pengalaman negara-negara skandinavia, hadirnya perempuan dalam dunia politik akan memberikan suasana yang lebih sejuk, damai, dan santun. Termasuk saat pengambilan keputusan. Dimana pembangunan kesepahaman tersebut dilakukan dengan upaya yang lebih lembut.

"Beberapa negara yang high politic itu ya kalau berbeda pendapat suka seru. Kalau keterlobatan perempuan di pengalaman negara-negara skandinavia, mereka lebih membangun kesepahapman itu lebih soft," ujar Khofifah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement