Jumat 27 Jul 2018 17:41 WIB

Anies Minta 425 Gedung Sediakan Tempat Antar Jemput Ojol

Kebijakan ini untuk mengurangi gangguan lalu lintas

Rep: Sri Handayani/ Red: Esthi Maharani
Sejumlah ojek online menunggu penumpang di Kawasan Tebet, Jakarta, Jumat (27/7).
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Sejumlah ojek online menunggu penumpang di Kawasan Tebet, Jakarta, Jumat (27/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengumpulkan para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan pimpinan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Ia menginstruksikan agar 425 gedung di bawah lingkungan Pemprov DKI menyediakan tempat antar jemput ojek online (ojol).

"Semua yang di bawah lingkungan Pemprov dimulai senin depan diinstruksikan untuk menyiapkan tempat drop off dan pick up," kata Anies di Balai Agung, Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jumat (27/7).

Kebijakan ini dibuat untuk mengurangi gangguan lalu lintas akibat banyaknya ojol yang berkumpul di satu titik. Uji coba akan dilakukan selama sepekan. Anies menginstruksikan agar setiap pengelola gedung mencari lokasi yang pas dan mengatur sistem antar jemput penumpang agar sesuai desain kantor masing-masing.

Anies menekankan bahwa tempat antar jemput ojol bukan pangkalan ojek. Para pengemudi tidak boleh berhenti lama di tempat tersebut. Antar jemput penumpang umumnya juga dilakukan pada awal jam kerja dan akhir jam kerja.

Anies menambahkan 425 gedung yang akan menyediakan tempat antar jemput ojol terdiri dari gedung perkantoran, kantor SKPD, kantor wali kota, puskesmas, rumah sakit, terminal, stasiun, dan gedung olahraga (GOR). Koordinasi akan dilalukan oleh Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) dan penentuan tempat diserahkan kepada pengelola gedung.

"Sesudah ini baru gubernur dan membuat instruksi gubernur. Tapi instruksi gubernur tidak akan dikeluarkan tanpa data dulu, tanpa ada pengujian di lapangan dulu. Dari situ nanti dibuat legal dokumen," ujar Anies.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement