Kamis 26 Jul 2018 17:06 WIB

KLHK Siapkan Pengamanan Kebakaran Hutan Jelang Asian Games

KLHK telah membentuk satgas khusus penanganan kebakaran hutan selama Asian Games.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Gita Amanda
Ilustrasi Kebakaran Hutan
Foto: Antara
Ilustrasi Kebakaran Hutan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK), Raffles B Pandjaitan mengatakan semua pihak dari KLHK hingga Pemerintah Daerah (Pemda) siap siaga mengamankan Asian Games. Terutama soal kebakaran hutan, Raffles mengatakan, KLHK sudah membentuk Satuan Tugas (Satgas) khusus terkait hal ini.

Ia mengatakan satgas yang terdiri dari seluruh stakeholder ini siap untuk mengantisipasi kebakaran hutan. Hal ini dilakukan mengingat waktu Asian Games yang sudah mendekati pembukaan. Ia tak menampik bahwa saat ini masih ada beberapa titik panas karhutla. Namun, kata Raffles, tim sudah melakukan penanganan agar titik panas ini tidak menyebar.

"Baik pemerintah pusat, provinsi, kabupaten, kecamatan sampai tingkat desa bahkan para pengusaha kehutanan, perkebunan dan pertanian siap siaga mengamankan Asian Games. Karena ini pertaruhan bangsa dan negara," ujar Raffles kepada Republika.co.id, Kamis (26/7).

Raffles menjelaskan selain personel, KLHK juga sudah menyiapkan anggaran untuk langkah antisipatif ini. Kesiapan personel dan dana ini disiapkan agar ketika terjadi perluasan titik panas bisa langsung ditangani.

"Sudah ada Satgas Siaga Dalkarhutla di Sumsel, saya kira sudah terpadu di sana langkah-langkahnya dari semua stakeholder di tangani ketua satgas dengan mengerahkan seluruh potensi sarana prasarana, personel dan anggaran," ujar Raffles.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement