Kamis 26 Jul 2018 04:04 WIB

Manfaatkan Medsos Jika Ada Barang Tertinggal di Bandara

Penumpang bisa melapor melalui call center, whatsapp, dan media sosial lainnya.

[Ilustrasi] Suasana antrean check-in Terminal 3 Ultimate, Bandara Soekarno Hatta, Ahad (10/6) dini hari.
Foto: REPUBLIKA/Intan Pratiwi
[Ilustrasi] Suasana antrean check-in Terminal 3 Ultimate, Bandara Soekarno Hatta, Ahad (10/6) dini hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Angkasa Pura II (Persero) mengimbau para penumpang yang tiba atau lepas landas di Bandara Soekarno-Hatta memanfaatkan media sosial AP II jika ada barang yang tertinggal atau hilang. Sebab, tidak banyak penumpang yang mengetahui mereka bisa memanfaatkan media sosial AP II untuk melaporkannya.

Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soekarno Hatta, Febri Toga, mengatakan jumlah barang yang ditemukan unit Lost and Found Bandara Soetta memang banyak. Sebab, hampir setiap hari ada barang penumpang yang tertinggal. 

"Call center dan whatsapp 24 jam itu dikelola oleh petugas kami. Jadi memang banyak penumpang yang merasa barangnya cepat ditemukan," kata Febri saat dihubungi di Jakarta, Rabu (25/7).

Selain call center di nomor 138 dan pesan chat lewat aplikasi whatsapp, penumpang juga bisa melaporkan barang hilang lewat media sosial AP II dan surel resmi. Media sosial yang dapat menjadi sarana pelaporan, yakni Twitter, Facebook, Instagram, dan melalui email resmi.

Febri memaparkan proses pengembalian barang tertinggal oleh penumpang dilakukan dengan koordinasi yang baik dengan semua petugas. Mulai dari petugas maskapai penerbangan, Security on Duty, hingga Aviation Security di setiap terminal Bandara Soekarno-Hatta.

"Bahkan ada grup whatsapp juga khusus mengurusi masalah lost and found dari Terminal 1, 2, dan 3 ada koordinasi dari pimpinannya masing-masing. Sehingga kalau ada kejadian barang hilang dapat ditemukan dengan cepat," kata Febri.

Ia menambahkan untuk menumbuhkan kejujuran dan sifat integritas, petugas AP II diharuskan mengucapkan ikrar sebelum memulai tugasnya. Selain itu, petugas berkomitmen untuk mengutamakan keamanan, keselamatan dan kenyamanan penumpang.

Baru-baru ini, sejumlah penumpang di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, mengapresiasi layanan lost and found yang dikelola AP II.Dari penyiar radio ternama Bayu Oktara hingga Direktur SDM PT Semen Indonesia Agung Yunanto menyampaikan apresiasinya setelah barang mereka yang tertinggal dapat ditemukan oleh AP II.

"Dari tanggal 7 Juli sampai ke tanggal 24 Juli cukup jauh. Begitu sampai di sini, dicek barangnya, ternyata jaket saya masih ada. Sangat luar biasa untuk AP II," kata Bayu lewat sebuah video.

Sementara itu, Agung Yunanto menulis lewat pesan singkat via whatsapp. "Saya tertinggal HP di area bagasi Bandara Soekarno-Hatta-Terminal 3. Berselang 30 menit kembali ke bandara, Alhamdulillah sudah diamankan," tulisnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement