Rabu 25 Jul 2018 18:09 WIB

Oded Resmi Terpilih Menjadi Wali Kota Bandung

Penetapan ini menyusul tidak adanya sengketa yang diajukan atas hasil pilkada.

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Friska Yolanda
Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Bandung Oded M Danial dan Yana Mulyana.
Foto: Republika/Edi Yusuf
Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Bandung Oded M Danial dan Yana Mulyana.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung resmi menetapkan Oded Mohamad Danial sebagai Wali Kota Bandung beserta Yana Mulyana sebagai wakilnya untuk periode jabatan 2018-2023. KPU Kota Bandung telah menyelenggarakan rapat pleno terbuka penetapan calon terpilih wali kota dan wakil wali kota Bandung 2018 yang digelar di Hotel Horison, Kota Bandung, Rabu (25/7).

Ketua KPU Kota Bandung Rifqi Alimubarok mengatakan penetapan ini sesuai dengan tahapan KPU. Sebab, tidak ada sengketa yang diajukan atas hasil Pilkada ini.

"KPU Kota Bandung termasuk salah satu kota yang tidak ada sengketa, maka harus bisa ditetapkan masksimal hari ini kita tetapkan pasangan terpilih menjadi wali dan wakil wali Kota Bandung periode Setelah penetapan, pasangan Oded-Yana menunggu pelantikan yang akan dilakukan pada 20 September 2018 oleh Gubernur Jawa Barat. Namun, sebelum dilantik pimpinan DPRD Kota Bandung akan menggelar sidang paripurna untuk memperkenalkan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Bandung terpilih ini.

Baca juga, Rekapitulasi KPU, Oded-Yana Menang di Pilwalkot Bandung

Proses penetapan ini dikatakannya sebagai puncak dari tugas KPU mengawal jalannya Pilkada serentak 2018. Selanjutnya, Kementerian Dalam Negeri akan memprpses secara administrasi atas penetaoan Oded-Yana menggantikan Ridwan Kamil yang saat ini menjabat. 

Pasangan Oded-Yana ditetapkan menjadi pemenang Pemilihan wali Kota (Pilwalkot) Bandung setelah memperoleh suara tertinggi, yakni 634.682 suara atau 50,10 persen dari total suara sah. Sementara di posisi kedua pasangan Yossi Irianto-Aries Supriatna sebesar 330.730 suara atau 26,11 persen dan disusul pasangan Nurul Arifin-Chairul Yaqin Hidayat Nurul Ruli di tempat ketiga dengan perolehan 301.418 suara atau 23,9 persen.  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement