Ahad 22 Jul 2018 16:05 WIB

Kebutuhan Darah di RSUP Dr Sardjito Sekitar 4.000 Kantong

UPTD RSUP Dr Sardjito secara rutin menyelenggarakan kegiatan donor darah.

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Yusuf Assidiq
Kegiatan donor darah di RSUP Dr Sardjito.
Foto: Neni Ridarineni.
Kegiatan donor darah di RSUP Dr Sardjito.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kebutuhan darah di RSUP Dr Sardjito, Yogyakarta, per bulan yakni sekitar 3.000-4.000 kantong, Namun yang berhasil dipenuhi oleh UPTD (Unit Pelayanan Transfusi Darah) RSUP Dr Sardjto dari hasil kegiatan donor darah setiap bulannya sekitar 2.000 kantong.

 

Meskipun demikian kebutuhan darah di RSUP Sardjito tetap terpenuhi karena  UPTD RSUP Dr Sardjito bekerja sama dengan PMI DIY. ‘’Jadi apabila darah yang dibutuhkan pasien tidak ada di UPTD RSUP Dr Sardjito, kami mengambil ke PMI,’’ kata Kepala Pelayanan UPTD, Saifuddin Samly.

Karena itu, lanjutnya, UPTD RSUP Dr Sardjito secara rutin menyelenggarakan kegiatan donor darah dua bulan sekali. Tetapi mulai bulan ini direncanakan kegiatan donor darah sebulan sekali.

Menurutnya, setiap kali kegiatan biasanya jumlah pendonor cukup banyak sekitar 100-200 orang.  Demikian pula RSUP Dr Sardjito selalu menyiapkan darah untuk emergency  yakni bila sangat dibutuhkan dengan masing-masing  golongan darah sebanyak delapan kantong.

“Apabila ada rumah sakit lain yang membutuhkan darah, di UPTD RSUP Sardjito yang buka pukul 08.00-24.00  WIB juga bisa memberikan bantuan,”  jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement