Jumat 13 Jul 2018 14:52 WIB

Seperti Ini Imajinasi Anak tentang Mobil Masa Depan Toyota

Mobil alfabet, mobil bambu, hingga mobil penolong jadi imajinasi mobil masa depan

Anak menyaksikan salah satu karya yang menjadi finalis Toyota Dream Car Art Contest di Taman Lalu Lintas Bandung, Jumat (13/7).
Foto: abdullah sammy
Anak menyaksikan salah satu karya yang menjadi finalis Toyota Dream Car Art Contest di Taman Lalu Lintas Bandung, Jumat (13/7).

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Abdullah Sammy

Taman Lalu Lintas di pusat Kota Bandung mendadak dipenuhi etalase bergambar imajinasi mobil impian masa depan pada Jumat (13/7). Seluruh gambar itu adalah hasil karya anak usia delapan hingga 15 tahun dalam acara Toyota Dream Car Art Contest (Kontes Menggambar Mobil Impian Toyota). 

Lantas apa saja imajinasi liar anak kecil ketika diminta menggambarkan kendaraan masa depan impian mereka?

Bocah asal Yogyakarta bernama Husna Hafizah Hapsari (8 tahun) punya imajinasi bahwa mobil masa depan akan terbuat dari bambu yang bertingkat. Dari gambar yang dibuatnya, Husna punya imajinasi bahwa mobil masa depan harus aman, sederhana, dan bisa dijangkau oleh siapa pun. Karena itu material mobil masa depan di imajinasi Husna adalah mobil bambu yang mudah dijumpai di berbagai wilayah nusantara.

Lain lagi imajinasi dari Xylone Margareth Andariska (8 tahun) asal Surabaya. Baginya, mobil masa depan nantinya berbentuk huruf alfabet. Margareth punya alasan mengapa imajinasi mobil masa depan mengantarkannya menggambar mobil alfabet. 

"Karena tidak semua orang bisa membaca. Mobil (yang saya) buat ini agar seluruh anak indonesia bisa membaca, biar semua orang tahu huruf," ucap Margareth, polos. 

photo
Xylone Margareth Andariska (kedua dari kanan)

Lain Margareth, lain lagi mobil versi Michiel Filisia Ivanus (12 tahun). Bocah asal Sumatra Selatan ini menggambar sepasang orang tua berusia lanjut yang berdiri dengan ditemani mobil interaktif. 

Bagi Michiel, mobil masa depan nantinya bisa berinteraksi dengan orang berusia senja. Sebab, bagi Michiel, kini banyak orang tua yang kesepian di tengah kesibukan sang anak. Tak jarang orang tua itu seorang diri dan butuh teman bicara. 

Karena itu, Michiel berimajinasi mobil masa depan mampu menemani orang-orang yang kesepian. Sedangkan bagi Jonathan asal Jakarta, mobil impian masa depannya adalah mobil yang bisa melakukan tranfusi darah bagi penderita jantung. 

Imajinasi Jonathan dikarenakan sang ayah yang kini harus berjuang untuk mengobati sakit jantungnya. Karena itu imajinasi Jonatan akan mobil masa depan adalah mobil yang mampu menolong kesehatan sang ayah.

Segala gambar imajinasi ini adalah hasil karya dari peserta lomba menggambar mobil impian yang diselenggarakan Toyota Astra Motor (TAM).  Pada Jumat (13/7) di Taman Lalu Lintas Kota Bandung, TAM memerkan 30 finalis lomba menggambar mobil impian itu.  

TAM pun mengumumkan hasil dari lomba menggambar mobil impian itu. Dari kategori umur yang paling kecil, yakni di bawah usia 8 tahun, Xylone dengan mobil alfabet menjadi pemenang pertama. 

Pada usia 8-11 tahun, si mobil bambu ala Husna yang jadi pemenang pertama. Sedangkan untuk kategori usia 12-15 tahun, mobil dengan tema persatuan karya Sherin Kiatandi jadi yang terbaik. 

Artis dan juga pemerhati anak, Shahnaz Haque, mengaku takjub dengan hasil karya anak yang penuh dengan imajinasi. Yang membuat dia semakin terpukau adalah filosofi di balik imajinasi anak yang kaya akan nilai-nilai sosial. 

"Inilah wujud dari pikiran anak-anak yang suci. Ternyata pikiran anak-anak itu kaya akan rasa toleransi, saling menghargai, maupun rasa cinta. Saat yang dewasa larut pada isu hiruk pikuk politik, anak-anak ternyata hanya berpikir isu sosial di sekeliling mereka saja," ujar Sahahnaz yang bertindak sebagai dewan juri.

Direktur Toyota Astra Motor (TAM) Keijiro Inada mengatakan kegiatan lomba menggambar mobil masa depan adalah wujud TAM dalam mendorong masyarakat untuk terus berimajinasi positif. "Kegiatan ini mengajak seluruh masyarakat untuk berani bermimpi, berkreasi, dan berpikir positif," kata Inada.

photo
Finance and Administration Director TAM, Darmawan Wijaya

Finance and Administration Director TAM, Darmawan Wijaya menjelaskan, lomba yang diadakan kali ini merupakan yang ke-12 kalinya. Lomba ini juga diadakan di berbagai negara. Wakil terbaik dari tiap negara akan bertanding di lomba menggambar mobiil impian tingkat dunia yang akan berlangsung di Jepang. 

Dalam kesempatan itu TAM pun menetapkan si pembuat mobil alfabet, Xylone Margareth Andariska, sebagai wakil Indonesia untuk tampil di lomba menggambar mobil impian masa depan tingkat dunia. Menurut Darmawan, imajinasi Xylone dan anak-anak lain dari seluruh Indonesia bisa mewakili semangat Toyota dalam menciptakan produk kendaraan masa depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement