Senin 09 Jul 2018 13:00 WIB

63 Rumah di Medan Rusak Diterjang Puting Beliung

Beberapa pohon di sejumlah titik juga tumbang.

Rep: Issha Harruma/ Red: Muhammad Hafil
Puting beliung. Ilustrasi
Foto: .
Puting beliung. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Angin puting beliung menerjang sejumlah wilayah di kota Medan, Ahad (8/7) malam. Berdasarkan data sementara BPBD Medan, ada 63 rumah yang mengalami kerusakan akibat peristiwa ini.

Manajer Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana BPBD Medan, M Yunus menyebutkan, ada empat kecamatan yang dilanda angin puting beliung. Keempatnya, yakni Medan Marelan, Medan Labuhan, Medan Deli, dan Medan Johor.

"Total keseluruhan ada 63 unit rumah yang rusak akibat terdampak angin puting beliung. Untuk tambahan akan kami sampaikan. Data yang lain masih dalam pendataan," kata Yunus, Senin (9/7).

Yunus menyebutkan, di kecamatan Medan Marelan, tercatat ada 40 unit rumah yang mengalami kerusakan. Sebanyak 27 rumah berada di kelurahan Tanah 600 dan 13 unit di Rengas Pulau.

Sementara di kelurahan Besar, kecamatan Medan Labuhan terdapat enam rumah, di kelurahan Titi Papan, kecamatan Medan Deli 15 rumah, dan kelurahan Gedung Johor, kecamatan Medan Johor dua rumah.

"Di antaranya terdapat lima unit rumah yang mengalami kerusakan lebih dari 50 persen," ujar Yunus.

Selain puting beliung, angin kencang yang menyertai hujan deras juga melanda hampir seluruh wilayah kota Medan. Angin kencang ini menyebabkan pohon tumbang setidaknya di sembilan titik yang terdata. Kesembilan titik itu, yakni Jalan Sei Sibundong, Jalan Bunga Kenanga, Jalan Bunga Cempaka, Jalan T Amir Hamzah, Jalan STM Ujung, Jalan Alfalah, Jalan Karya Jaya, Jalan Soedarso, dan Jalan Titi Papan.

"Di antaranya ada pohon tumbang yang dilaporkan menimpa tiga unit mobil," kata Yunus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement