Ahad 08 Jul 2018 08:22 WIB

Presiden Jokowi Belajar Memanah

Saat awal berlatih memaneh, target sasaran selalu meleset.

Presiden Joko Widodo
Foto: Antara/Widodo S. Jusuf
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden RI Joko Widodo mengungkapkan pengalaman masa kecil mengenai keinginannya untuk memiliki keterampilan dan keahlian memanah. Saat itu Joko Widodo (Jokowi) tinggal di Solo dan rumahnya relatif dekat sekali dengan Lapangan Manahan yang merupakan lokasi untuk latihan panahan.

Tiap hari Jokowi melewati lapangan itu dan melihat orang berlatih memanah. Akan tetapi, ia tidak bisa membeli yang namanya alat panahan karena orang tuanya tidak memungkinkan membelikannya. "Tapi betul-betul tiap hari saya melihat orang latihan memanah. Saya hanya bisa ngeliat, kalau jalan si situ kadang berhenti ngeliat mereka," kata Jokowi bercerita.

Joko Widodo baru bisa melakukan apa yang dia bayangkan semasa kecil ketika sudah menjadi presiden ketujuh RI. "Setelah jadi presiden, saya baru bisa memanah, ini patut saya syukuri. Alhamdulillah, bahwa yang saya bayangkan bisa saya lakukan setelah tua ini," kata Jokowi.

Presiden Joko Widodo pun giat berlatih panahan di bawah bimbingan pelatihnya, Muhammad Rizal Barnadi. "Ya, tempat latihan manah saya di sini. Dilatih di sini, targetnya di arah sana," kata Jokowi ketika bersilaturahmi dengan anggota komunitas dan klub panahan serta peserta Kejuaraan Panahan Bogor Open II 2018 di halaman belakang Istana Bogor.

Baca juga, Presiden akan Tindak Lanjut Usulan Aktivis 98

Pria kelahiran 21 Juni 1961 itu mengungkapkan saat awal-awal latihan, anak panah yang dilepaskannya selalu meleset dari sasaran yang dituju. "Awal-awal latihan di sini luput terus. Ya, inilah tempat saya dilatih memanah oleh guru saya, ya, Pak Rizal," kata Jokowi.

photo
Juri melakukan penilaian saat lomba memanah kelas eksekutif kejuaraan panahan Bogor Terbuka 2017 di Lapangan Pusat Pendidikan Zeni TNI Angkatan Darat di Kota Bogor, Jawa Barat, Ahad (22/1).

Suami dari Iriana itu pun mengaku tidak gampang menjadi atlet panahan yang andal. Joko Widodo yang sudah berlatih sekian lama namun peringkatnya tidak naik naik.

"Saya sudah berlatih lama, sampai saat ini, levelnya enggak naik-naik. Sulit ternyata, tidak gampang," kata Jokowi.

Presiden Joko Widodo sempat mengikuti Kejuaraan Panahan Bogor Open I pada tahun 2017. Saat itu ia benar-benar deg-degan karena dilihat orang banyak. "Jangan-jangan enggak kena ini nanti sasarannya. Tapi, alhamdulillah, dapat nilai, dikit-dikit enggak apa-apa, tapi dapat nilailah, begitu," kata Jokowi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement