Jumat 06 Jul 2018 13:24 WIB

Rekapitulasi KPU, Oded-Yana Menang di Pilwalkot Bandung

Pasangan Oded-Yana memperoleh 634.682 suara.

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Andri Saubani
Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Bandung Oded M Danial dan Yana Mulyana.
Foto: Republika/Edi Yusuf
Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Bandung Oded M Danial dan Yana Mulyana.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung menggelar rapat pleno terbuka Rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung 2018. Hasilnya, pasangan Oded M Danial dan Yana Mulyana resmi menjadi wali kota dan wakil wali kota lima tahun ke depan.

Ketua KPU Kota Bandung Rifqi Alimubarok mengatakan, rekapitulasi ini dilakukan secara manual dari surat suara yang masuk. Proses yang berlangsung hingga Kamis (5/7) malam, mencatat jumlah warga Kota Bandung yang menyalurkan hak suaranya sebanyak 1.305.872 suara.

"Pasangan calon nomor urut 3, Oded Mohamad Danial dan H. Yana Mulyana memperoleh 634.682 suara," kata Rifqi dalam siaran persnya, Jumat (6/7).

Dengan jumlah hampir setengah dari pemilih, kata dia, Oded - Yana dipastikan menang dalam Pilwalkot Bandung 2018 ini. Sementara, pasangan Yossi Irianto - Aries  Supriatna berada di posisi kedua disusul oleh Nurul Arifin - Chairul Yaqin Hidayat.

"Pasangan calon nomor urut 1 – Nurul Qomaril Arifin dan Chairul Yaqin Hidayat memeroleh 301. 418 suara. Pasangan calon nomor urut 2, Dr. H. Yossi Irianto, M.Si dan H. Aries Supriyatna, S.H., M.H. memeroleh 330.730 suara," tuturnya.

Ia menyebutkan jumlah seluruh suara sah dalam rekapitulasi hasil penghitungan Pilwalkot Bandung 2018 yakni sebanyak 1.266.830 suara. Sementara jumlah suara tidak sah sebanyak 39.042  suara.

"Jumlah DPT Kota Bandung 1,6 juta, dan yang menggunakan hak pilih sekitar 1,3 juta berarti yang tidak menggunakan hak pilih sekitar 300.000-an," kata dia.

Rifqi menyebutkan dengan total pemilih tersebut, angka partisipasi warga Kota Bandung, tahun ini mencapai 78,12 persen. Jumlah ini meningkat dibanding tahun 2013 yang hanya 60,47 persen.

Setelah ini, kata dia, pasangan yang menjadi pemenang aka ditetapkan sebagai calon terpilih. Namun, KPU akan terlebih dulu menunggu hingga tiga hari ke depan bagi calon yang akan melakukan sengketa.

"Kalau ada yang sengketa kita menunggu hasil di MK selama 30 hari, kalau nggak ada akan ditetapkan pemenangnya," ucapnya.

Pasangan Oded-Yana diusung oleh Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Bulan Bintang (PBB). Berdasarkan hasil hitung cepat berbagai lembaga survei, pasangan ini pun telah unggul.

Pidato kemenangan diawali dengan sujud syukur oleh Oded-Yana bersama simpatisan yang hadir. Dengan suara serak dan menitikkan air mata, Oded berterima kasih atas kerja keras dan kerja sama dari seluruh pendukungnya.

"Kita berjuang bersama, siang dan malam kita bertempur, alhamdulillah wakil Allah SWT telah memberikan yang terbaik insya Allah untuk kita," kata Oded di Hotel Aryaduta, Jalan Sumatera, Bandung, Rabu (27/6).

Dia mengakui bahwa perjuangannya membangun Kota Bandung belum usai. Oded mengajak para pendukungnya dan warga Kota Bandung untuk membangun Bandung yang lebih baik lagi.

"Saya sangat yakin, tidak ada proses kotor, nggak ada manusia super di dunia ini, pasti ada kekurangan. Oleh karena itu, saya memohon kepada seluruh pendukung dan semuanya dan juga masyarakat Kota Bandung agar sudi kiranya terus mendampingi," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement