Rabu 04 Jul 2018 19:25 WIB

Sebanyak 910 Calon Jamaah Haji Bantul Dilepas

Calon haji terdiri dari 526 jamaah putri dan 394 jamaah putra.

Rep: Eric Iskandarsjah/ Red: Fernan Rahadi
Jamaah haji
Foto: Antara
Jamaah haji

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Sebanyak 910 calon jamaah haji dari Kabupaten Bantul melakukan prosesi pamitan kepada Bupati Bantul  di Pendopo Parasamya, Rabu (4/7). Asisten Sumber Daya dan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Bantul, Totok Sudarto mengatakan bahwa pada tahun ini jumlah calon jamaah haji dari Kabupaten Bantul sebanyak 910 orang terdiri dari 526 jamaah putri dan 394 jamaah putra. 

“Calon Jamaah Haji termuda berumur 23 tahun atas nama Rudy Setya Wijaya asal Palbapang Bantul dan tertua umur 86 tahun 8 Bulan atas nama Kismo Wiyono alis Rubinah,” kata Totok.

Dalam kesempatan itu ia juga mengatakan bahwa calon jamaah haji ini dikoordinir oleh beberapa kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH), diantaranya KBIH Multazam, Muslimat NU, Bina Umat, Aisyiah, Arofah, Hajar Aswad dan KBIH Rindu Kabah. Selain itu, lanjutnya, terdapat jamaah non KBIH sebanyak 40 orang. 

Seluruh calon jamaah dari Bantul ini terbagi dari tiga kloter yaitu kloter 22, 24 dan 27 emberkasi Solo dengan petugas haji sebanyak 32 orang terdiri 15 orang petugas pusat dan 17 orang petugas daerah. “Kloter 22 akan berangkat pada 22 Juli, kloter 24 tanggal 23 Juli dan kloter 27 tanggal 24 Juli 2018,” ucapnya.

Dalam sambutannya, Bapak Bupati Bantul Suharsono mengatakan bahwa menunaikan ibadah haji merupakan hal yang sangat diimpikan oleh umat Islam, untuk itu bagi calon jamaah haji yang sudah dipanggil untuk berangkat haji tahun ini harus disyukuri. Dimohon calon jamaah haji untuk selalu menjaga kesehatannya dengan sebaik-baiknya agar dalam menjalankan semua rukun haji dan selama di tanah suci selalu sehat. 

"Apalagi cuaca di negara Arab yang sangat berbeda dengan negara Indonesia, maka saya mohon untuk antisipasi dari sekarang," himbaunya. Secara khusus ia pun mendoakan agar semua calon jamaah haji diberi kemudahan dan kelancaran dalam menjalankan ibadah haji hingga selesai dan pulang bisa membawa predikat haji mabrur.

Sementara Hanung Raharjo mewakili calon jamaah haji dalam pamitannya menyampaikan permohonan doa agar selama menunaikan ibadah haji dapat terlaksana dengan selamat dan lancar hingga pulang ke tanah air.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement