Senin 02 Jul 2018 02:48 WIB

Mendikbud: Revitalisasi SMK di DKI Jadi Contoh Daerah Lain

Jakarta cocok karena memiliki wilayah dan jumlah SMK yang ideal.

Rep: Mas Alamil Huda/Debbie Sutrisno/ Red: Friska Yolanda
SMK
SMK

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mendukung Provinsi DKI Jakarta menjadi salah satu daerah percontohan revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Ia berharap apa yang dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI bisa dicontoh daerah lain.

"Saya sangat mendukung DKI Jakarta menjadi pilot project revitalisasi SMK yang nantinya akan menjadi contoh provinsi-provinsi lainnya," kata Muhadjir dalam keterangan tertulisnya, Ahad (1/7).

Pencanangan implementasi revitalisasi SMK merupakan wujud realisasi Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK untuk Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Pencanangan Revitalisasi SMK di Jakarta cukup menarik karena juga dilakukan penyerahan siswa tamatan SMK sebagai karyawan kepada 125 perusahaan mitra SMK di Ibu Kota. 

"Jakarta bisa menjadi pilot project revitalisasi SMK dengan wilayah yang ideal memiliki jumlah SMK dan dunia usaha serat industri yang relatif seimbang," ujar dia.

Dengan adanya jumlah dunia usaha dan dunia industri yang relatif seimbang, bahkan lebih banyak dari SMK, maka kapasitas SMK dapat dilipatgandakan. SDM yang berkualitas dapat membantu negara dalam pembangunan berbagai infrastruktur yang saat ini gencar dilakukan.

"Karena itulah tugas kita menyiapkan siswa-siswa SMK yang nantinya dapat mengisi teknostruktur dari infrastruktur yang dibangun oleh pemerintah," tutur Mendikbud.

Pemprov melakukan pencanangan implementasi revitalisasi SMK yang ditandai dengan penyerahan tamatan SMK DKI Jakarta sebagai karyawan kepada seratus perusahaan sebagai mitra pada Sabtu (30/6) di SMK Negeri 26 Jakarta.

Revitalisasi SMK ini bertujuan untuk mengubah paradigma dari hanya mendorong untuk mencetak lulusan tanpa memperhatikan kebutuhan pasar kerja. Paradigma itu diganti dengan mencari segala sesuatu yang berhubungan dengan pasar kerja.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement