Jumat 29 Jun 2018 03:00 WIB

Pengamat: Perolehan Suara Pasangan Asyik Mengejutkan

Pengamat menilai keunggulan pasangan Rindu bukan hal yang mengejutkan.

Rep: Mabruroh/ Red: Bayu Hermawan
Founder Lembaga Survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI), Hendri Satrio.
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Founder Lembaga Survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI), Hendri Satrio.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat politik Hendri Satrio menilai, keunggulan pasangan calon (paslon) Ridwan Kamil dan UU Ruzhanul Ulum di pemilihan gubernur (pilgub) Jawa Barat versi hitung cepat, bukan sesuatu yang mengejutkan. Menurut Hendri, perolehan suara paslon Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik) yang menjadi kejutan.

Pengamat politik Hendri Satrio mengaku tidak heran dengan hasil sementara dari pasangan nomor urut 1 tersebut. Karena sejak awal Ridwan Kamil atau yang akrab disapa kang Emil ini memang sudah mengumumkan rencana majunya di Pilkada Jawa Barat.

"Tidak terlalu mengagetkan ya karena Kamil sudah lama sekali mengumumkan maju di Pilkada," kata Hendri kepada Republika.co.id, Kamis (29/6).

Yang mengejutkan ujar pengamat dari Universitas Paramadina ini, justru hasil suara pasangan Sudrajat - Ahmad Syaikhu (Asyik). Pasangan nomor urut 3 ini berhasil menyalip pasangan Deddy Mizwar dan Dedy Mulyadi dan berada di posisi kedua dengan presentase yang sangat tipis dengan Ridwan Kamil.

"Yang mengejutkan, suara (Emil) ilang tinggal 33 harusnya kan 39 bahkan ada yang mengatakan 40, justru angin segar di Sudrajat-Syaikhu. Kita tunggu saja hasil KPUD," kata Hendri.

Semoga saja tambah Hendri, KPUD bisa netral, profesional dan tidak berpihak. Dengan begitu kemenangan Paslon yang akan menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat bisa menang dengan bermartabat.

Baca juga: Menang Versi Hitung Cepat, Ridwan Kamil Sujud Syukur

Pasangan calon gubernur (cagub) Ridwan Kamil dan calon wakil gubernur (cawagub) Uu Ruzhanul Ulum menang di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Barat (Jabar) berdasarkan hasil hitung cepat. Ridwan Kamil langsung melakukan sujud syukur begitu mengetahui hasil tersebut.

Dalam pidato sambutannya di Kota Bandung, Ridwan Kamil mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantunya selama proses pilkada di Jabar. Pria yang akrab disapa Emil itu mengatakan, berdasarkan hasil hitung cepat data yang masuk telah mencapai 80 persen.

"Dengan hasil ini pasangan Rindu menang, tapi ini masih hasil sementara," ucap Emil.

Emil juga meminta maaf kepada semua pihak jika ada kesalahan selama Pilkada Jabar. Berdasarkan hitung cepat yang dilakukan pascapemungutan suara pada Rabu (27/6) kemarin, pasangan Ridwan Kamil-Uu mengungguli para pesaingnya.

Berdasarkan hasil akhir hitung cepat yang dilakukan Populi Center, Ridwan Kamil-Uu memperoleh suara sebesar 33,25 persen. Sementara pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu memperoleh suara 28,74 persen.

Kemudian berdasarkan hasil akhir hitung cepat Indobarometer, pasangan Ridwan Kamil-Uu memperoleh suara 32,40 persen. Sedangkan pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu memperoleh suara 28,54 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement