Senin 25 Jun 2018 15:07 WIB

Pemkot Bandung Buat Lomba TPS Kreatif

Berharap angka golput bisa ditekan dan target partisipasi pemilih bisa tercapai.

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Rahmat Santosa Basarah
Ridwan Kamil saat mengunjungi pesisir Dadap, Indramayu, Jawa Barat
Foto: RepublikaTV
Ridwan Kamil saat mengunjungi pesisir Dadap, Indramayu, Jawa Barat

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Pemerintah Kota Bandung berupaya membantu pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) berjalan dengan lancar dan sukses. Salah satunya dengan memastikan masyarakat menyalurkan hak pilihnya untuk mencoblos pada 27 Juni mendatang. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengintruksikan setiap wilayah untuk mendesain tempat pemungutan suara (TPS) dengan kreatif. Hal tersebut guna menarik minat warga menggunakan hak suaranya. Emil, sapaan Ridwan Kamil mengatakan Pemkot Bandung mengadakan lomba mendesain TPS dengan unik. Lomba ini berhadiah uang tunai untuk TPS yang paling kreatif.

"Kita ada perlombaan kreatif  hadiahnya 10 juta, 5 juta dan 2,5 juta ubtuk tps yang paling kreatif  dalam mendekorasi tpsnya," katanya di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Senin (25/6). Emil berharap dengan adanya TPS unik maka masyarakat sekitarnya bisa berbondong-bondong mencoblos. Sehingga angka golput bisa ditekan dan target partisipasi pemilih bisa tercapai yakni 70 persen. Menurutnya, Pilkada merupakan pesta demokrasi bagi masyarakat Indonesia. Karenanya harus digelar dan dirayakan dengan meriah dan penuh suka cita. 

"Kita ingin melihat Bandung kembali jadi percontohan dimana  pesta demokrasi itu harus partisipasinya tinggi dan kreatif. Mudah mudahan ini jadi contoh di Bandung bahwa pesta demokrasi di bandung itu dibikin seperti festival," tuturnya. Emil juga akan menyalurkan hak suaranya dalam Pilwalkot Bandung serta Pilgub Jawa Barat. Ia terdaftar memilih di TPS 21 Kelurahan Cigadung Kecamatan Cibeunying Kaler.

Ia juga meminta TPS di dekat kediamannya itu didesain dengan menarik. Bertepatan dengan momentum Piala Dunia, TPS 21 diminta bernuansakan gelaran pertandingan sepakbola tingkat dunia tersebut. Ia berharap pelaksanaan Pilkada ini bisa berjalan dengan kondusif dan aman. Oleh karenanya pihak-pihak terkait sudha harus siap mengawal jalannya pesta demokrasi lima tahun sekali tersebut. "Ya sesuai aturan  keamanan tupoksi kepolisian makanya nanti sore kita juga ada silaturahmi dengan kapolres untuk memastikan bandung kondusif aman dan kreatif," tuturnya.

 

Zuli Istiqomah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement