Jumat 22 Jun 2018 13:35 WIB

Dirjen BAK Kemendagri Jadi Pj Gubernur Sumut

Tjahjo ingatkan Eko untuk tidak mencampuri urusan Pilkada serentak 2018.

Rep: Issha Harruma/ Red: Agus Yulianto
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo
Foto: ROL/Havid Al Vizki
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo melantik Eko Subowo sebagai Pj Gubernur Sumut pagi ini, Jumat (22/6). Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan (Dirjen BAK) Kemendagri ini akan menjabat hingga terpilihnya gubernur definitif hasil Pilgub 2018.

Acara pelantikan tersebut digelar di Aula Raja Inal Siregar di kantor Gubernur Sumut, Jl P Diponegoro, Medan. Sesaat setelah melantik, Tjahjo pun langsung mengingatkan Eko untuk tidak mencampuri urusan Pilkada serentak 2018.

"Pak Eko meskipun jabatannya singkat, nggak usah ngurusin Pilkada. Serahkan kepada KPU dan Bawaslu. Bantu mereka jika ada kekurangan anggaran," kata Tjahjo.

Tjahjo mengatakan, pelaksanaan Pilkada sangat membutuhkan perhatian khusus. Salah satu yang harus menjadi perhatian Eko selaku pimpinan di Pemprov Sumut, yakni terkait keamanan.

"Berkoordinasi dan ikuti arahan dari Kapolda Sumut tentang penanganan kamtibmas. Berkoordinasi juga dengan TNI dan instansi lainnya," ujar dia.

Untuk diketahui, jabatan Tengku Erry Nuradi dan Nurhajizah Marpaung sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut berakhir pada 17 Juni 2018. Eko pun akan menjabat hingga hasil Pilgub 27 Juni mendatang keluar. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement