Rabu 20 Jun 2018 15:23 WIB

Pemudik Manfaatkan Libur Lebaran untuk Rekam Data KTP El

Setiap hari sedikitnya ada 50 orang yang melakukan proses rekam data

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Esthi Maharani
 KTP Elektronik atau e-KTP
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
KTP Elektronik atau e-KTP

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS -- Pemudik yang memanfaatkan waktu libur lebaran untuk melakukan rekam data KTP el, ternyata cukup banyak. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapi) Kabupaten Banyumas, Kartiman, menyebutkan setiap hari sedikitnya ada 50 orang yang melakukan proses rekam data selama masa libur lebaran.

''Jumlah ini, baru yang tercatat melakukan rekam data di kantor Dindukcapil. Belum termasuk yang melakukan rekam data di kantor-kantor kecamatan,'' jelasnya, Rabu (20/6). Meski demikian, pada warga yang melakukan rekam data KTP el pada masa libur lebaran, belum bisa langsung mendapatkan kartu KTP el. Melainkan baru berupa surat keterangan pengganti KTP el, mengingat keterbatasan blanko KTP el.

Dia berharap, dengan banyaknya warga yang memanfaatkan masa libur untuk melakukan proses rekam data, maka dalam pilkada serentak yang dilaksanakan 27 Juni mendatang, tingkat partisipasi warga akan semakin meningkat.

Menurutnya, selama libur lebaran yang berlangsung sejak 11 Juni hingga 20 Juni ini, pihaknya memang tetap membuka layanan untuk melayani kebutuhan administrasi kependudukan masyarakat. Selama masa libur tersebut, pihaknya hanya libur dua hari pada Hari H lebaran dan H+1 lebaran.

Namun dia mengakui, selama masa cuti tersebut, pihaknya tidak membuka pelayanan seperti hari kerja normal. Melainkan hanya buka setengah hari, sejak pukul 08.00 hingga pukul 12.00.  ''Pelayanan administrasi kependudukan yang kami layanan selama libur lebaran, tidak hanya kami berikan di kantor Dindukcapil. Tapi juga di seluruh kantor kecamatan,'' katanya.

Sedangkan pelayanan yang diberikan tidak hanya berupa rekam data KTP el, melainkan juga untuk pembuatan Kartu Keluarga dan akte kelahiran.

Mengenai ketersediaan blanko KTP el, dia menyatakan meski jumlahnya terbatas, setiap hari pihaknya melakukan pencetakan KTP el. Namun KTP el yang sudah dicetak tersebut, diberikan sesuai daftar antri karena ketersediaan KTP el yang masih terbatas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement