Ahad 17 Jun 2018 13:38 WIB

Pengawasan di Pelabuhan Muara Angke akan Diperketat

Beberapa SOP dilanggar.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Muhammad Hafil
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan pernyataan mengenai penemuan pelanggaran SOP di Dermaga Kali Adem, Pelabuhan Muara Angke, Ahad (17/6).
Foto: Rahayu Subekti/Republika
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan pernyataan mengenai penemuan pelanggaran SOP di Dermaga Kali Adem, Pelabuhan Muara Angke, Ahad (17/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada musim libur Lebaran 2018, beberapa tempat wisata di Jakarta ramai didatangi pengunjung. Salah satunya Dermaga Kali Adem, Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara, yang menjadi lokasi pemberangkatan wisatawan menuju pulau di Kepulauan Seribu.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan setelah menemukan beberapa pelanggaran standar operasional prosedur (SOP) di dermaga tersebut akan ada pengawasan, terlebih saat libur Lebaran sekarang ini. "Diterapkan (pengawasan) ketat mulai besok (18/6) jangan sampai bertumpuk," kata Budi di Dermaga Kali Adem, Ahad (7/6).

Sebab, Budi melihat masih ada beberapa kapal yang terlihat kelebihan penumpang saat beroperasi di dermaga tersebut saat libur lebaran ini. Selain itu Budi juga menilai penerapan pemakaian baju pelampung masih kurang.

Untuk itu, Budi meminta masing-masing operator kapal yang beroperasi di dermaga tersebut untuk memenuhi SOP pelayaran seperti salah satunya baju pelampung. "Life jacket uga tadi kurang jadi hari ini masing-masing operator beli tapi nanti bisa dipinjamkan dulu. Kita (Kemenhub) punya berapa," ungkap Budi.

Sebelumnya, Budi menemukan beberapa pelanggaran SOP di Dermaga Kali Adem saat diramaikan penumpang untuk mengisi libur Lebaran 2018. Beberapa pelanggaran tersebut masih kurangnya penggunaan baju pelampung, kelebihan muatan, dan jadwal keberangkatan yang molor

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement