Jumat 15 Jun 2018 06:05 WIB

Libur Lebaran, Destinasi Wisata di Banyumas Siapkan Atraksi

Banyumas membenahi destinasi wisata untuk memberi kenyamanan wisatawan.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Nur Aini
Suasana pedagang kaki lima yang menjajakan dagangannya di sekitaran Lokawisata Baturraden di Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Rabu (23/12).
Foto: Republika/Wahyu Suryana
Suasana pedagang kaki lima yang menjajakan dagangannya di sekitaran Lokawisata Baturraden di Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Rabu (23/12).

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS -- Pelaksana Harian (Plh) Bupati Banyumas Wahyu Budi Saptono, menyatakan seluruh obyek wisata di Banyumas sudah siap untuk menyambut wisatawan yang datang. Hal itu khususnya, wisatawan lokal yang datang ke obyek wisata lebaran selama masa libur Lebaran ini.

''Sebelum memasuki libur Lebaran, Dinas Pariwisata sudah melakukan pembenahan di berbagai obyek wisata. Termasuk dengan mempersiapkan beragai atraksi kesenian yang akan menghibur para wisatawan di lokasi wisata selama masa libur Lebaran,'' kata Wahyu, baru-baru ini.

Dia berharap, dengan berbagai pembenahan dan sambutan tersebut, para wisatawan akan semakin nyaman berkunjung ke obyek-obyek wisata tersebut. Terkait dengan kesiapan obyek wisata menjelang libur Lebaran, tim gabungan keamanan yang berasal dari unsur TNI, Polri, Dinporabudpar, Satpol PP, Dinhubkominfo, PMI, Puskesamas, Perhutani, Tim SAR, RAPI, PMPB, Pramuka, Jaga Baya dan Linmas, juga menggelar apel gabungan. Apel gabungan pengamanan pariwisata digelar di areal parkir Bukit Bintang, Baturraden.

Wahyu mengatakan, apel Pamgab pariwisata diselenggarakan agar ada kesamaan pemahaman dari segenap komponen pamgab, sehingga mampu bersinergi melaksanakan tugas pengamanan sesuai tugas, fungsi, tanggungjawab dan kapasitas masing-masing. Dia menyebutkan, pada pasca-Lebaran mendatang, berbagai obyek wisata biasanya akan didatangi para wisatawan. Oleh karena itu, agar para pengunjung merasa tenang, senang, aman dan nyaman, diperlukan kesiapan petugas untuk mengamankan obyek-obyek wisata.

Namun dia mengingatkan, untuk mewujudkan rasa senang kepada pengunjung, diperlukan pelayanan yang baik, ramah, sopan dan profesonal dari kalangan petugas dan masyarakat di sekitar obyek wisata. ''Setiap personel harus memahami kepada siapa harus berkoordinasi apabila terjadi sesuatu yang harus segera ditangani, jangan sampai terlambat,'' katanya.

Wahyu juga meminta agar para kepala desa di wilayah Kecamatan Baturaden, bisa memberi pengertian kepada warganya untuk bisa menjadi tuan rumah yang baik pada wisatawan. ''Jangan sampai masyarakat justru melakukan tindakan yang meresahkan pengunjung, seperti memeras dan memaksakan kehendaknya sendiri,'' katanya.

Kepala Dinporabudpar Kabupaten Banyumas Azis Kusumandadi mengatakan, menjelang masa libur Lebaran ini, pihaknya telah membuat 20 Pos Pengamanan Gabungan Pariwisata (PAMGAB) di seluruh obuyek wisata yang ada di Kabupaten Banyumas. Dari jumlah itu, sebanyak 16 pos berada di Baturraden dan lainnya tersebar di obyek wisata lain seperti Balai Kemambang, Taman Rekreasi Andhang Pangrenan, Pangsar Sudirman, dan Kalibacin.


Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement