REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno prihatin masih ada penumpang yang harus berlari-lari mengejar bus di terminal. Ia pun meminta Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Andri Yansyah menyediakan layanan tiket daring (online ticketing).
"Tahun depan saya minta Dishub DKI memastikan seluruh terminal sudah bisa jual tiket online," kata Sandiaga di Terminal Kampung Rambutan, Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur, Ahad (10/6).
Menurut Sandiaga, kegiatan masyarakat mengejar bus sangat berbahaya. Saat ini fasilitas tiket online bisa dinikmati di Terminal Pulogadung. Ke depan, di Terminal Kampung Rambutan juga akan diterapkan. "Kami akan pelan-pelan bergerak ke arah online, sehingga nanti layanan kepada pemudik bisa lebih efektif lagi," ujar Sandiaga.
Sandiaga melanjutkan, ini merupakan transformasi. Ia mencontohkan, PT Kereta Api Indonesia (KAI) sudah melayani pemesanan tiket di seluruh rute secara online. Ia ingin layanan tiket bus juga bisa diterapkan.
Hal ini, lanjut Sandiaga, akan dilakukan dengan kerja sama Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan perusahaan otobus (PO). "Ini transformasi modernisasi. Jadi ini yang kami akan selesaikan solusi kan melalui sistem berbasis teknologi," jelas dia.