Sabtu 02 Jun 2018 03:56 WIB

Kemenhub Pastikan Terminal Ngawi Siap Layani Mudik

Sebanyak 40 terminal bus tipe A akan direnovasi dan dikelola oleh pemerintah pusat.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Andi Nur Aminah
Rencana pembangunan dan renovasi terminal tipe A (ilustrasi)
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Rencana pembangunan dan renovasi terminal tipe A (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sudah memeriksa kondisi Terminal Bus Tipe A Ngawi Kertonegoro. Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan terminal tersebut siap untuk melayani arus mudik tahun ini.

Dia menjelaskan sebelum terminal tersebut siap, Kemenhub sudah mengupayakan untuk memperbaiki sarana prasarananya. "Pemerintah telah menganggarkan Rp 4 miliar untuk merehab ataupun memperbaiki Terminal Ngawi," kata Budi, Jumat(1/6).

Budi memastikan ada beberapa perbaikan yang dilakukan terhadap terminal yang setiap harinya bisa melayani kedatangan seribu bus tersebut. Beberapa perbaikan yaitu penambahan sistem zonasi, ruang laktasi, dan fasilitas kemudahan akses untuk penyandang disabilitas.

Dengan adanya kesiapan tersebut, Budi meminta setiap PO bus bisa memaksimalkan fasilitas Terminal Ngawi. "Kami mengimbau agar PO Bus menaikkan penumpang diterminal, jangan di pool masing-masing," jelas Budi.

Pada tahun anggaran 2018, Kemenhub mengerjakan program untuk melakukan sejumlah renovasi terminal bus tipe A. Sebanyak 40 terminal bus tipe A akan direnovasi yang pengelolaanya akan ditangani oleh pemerintah pusat. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement