Selasa 29 May 2018 14:22 WIB

Tangerang Fasilitasi Pendidikan Bocah yang Viral di Internet

Pemkot Tangerang akan memasukkan Alif ke program Tangerang Cerdas.

Pemkot Tangerang
Foto: ppid-infokom.tangerangkota.go.id
Pemkot Tangerang

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang memfasilitasi pendidikan gratis bagi Alif Hidayat, anak yatim piatu yang tinggal di Tanah Gocap Karawaci Kota Tangerang. Alif adalah bocah yang viral di media sosial beberapa hari lalu lantaran tetap ceria meski hanya makan nasi dan garam.

Sekretaris Daerah (Sekda) kota Tangerang Dadi Budaeri mengatakan telah memerintahkan petugas dari Dinas Sosial Tangerang untuk membantunya. "Saya sudah perintahkan Kepala Dinas Sosial untuk membantu Alif dan Neneknya," ujar dia di Tangerang Selasa (29/5).

Dadi juga menerangkan meskipun nenek Alif ber-KTP DKI Jakarta, tetapi Pemkot Tangerang siap untuk memfasilitasi Alif minimal untuk mendapatkan akses pendidikan. "Meski bukan warga kota Tangerang, tetapi kami kan punya tanggungjawab sosial,” kata dia. 

DIa menambahkan ada sisi kemanusiaan yang mengharuskan Pemkot Tangerang untuk turun tangan. “Minimal Alif bisa mendapatkan akses pendidikan secara gratis, nanti kami coba masukkan ke program Tangerang Cerdas," kata Sekda.

Soal kendala administrasi kependudukan, Sekda menjelaskan, Pemkot Tangerang segera berkoordinasi dengan Dinas Catatan Sipil di Jakarta untuk mengurus perpindahan KTP Alif dan Neneknya. "Itukan nanti kita tawarkan ke Neneknya apakah mau pindah KTP ke kota Tangerang, kalau mau pindah tinggal kami bantu fasilitasi dengan Catatan Sipil DKI Jakarta karena memang KTP-nya masih DKI Jakarta," jelasnya.

Ketua RT 04/03 Kadir menerangkan Alif bersama neneknya, Sarni, pindah ke kontrakan tersebut sekitar empat bulan lalu. Saat itu, sebagai ketua RT, Kadir juga sudah meminta KK dan KTP kepada Sarni, tetapi yang bersangkutan belum bisa menunjukkan.

Tinggal di kontrakan Pak Ozy, sekitar empat bulan lalu. Sebelumnya tinggalnya di Kapuk Jakarta Barat. Saat itu pernah saya mintain fotocopi KTP dan KK tapi saat itu beliau belum bisa menunjukkan, katanya nanti nunggu KTP yang baru jadi karena masih diurus di Jakarta," ujarnya.

Cerita tentang Alif berawal dari unggahan seseorang di aplikasi percakapan yang bertemu dengan bocah berusia 5 tahun ini di KRL. Dari percakapan mereka, Alif diketahui yatim piatu dan tinggal bersama neneknya di Tanah Gocap, Tangerang. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement