Kamis 24 May 2018 22:40 WIB

Atasi Kepadatan Kendaraan, Ancol Terapkan Sistem Buka Tutup

Sistem buka tutup bertujuan untuk mengarahkan kendaraan pribadi ke kantong parkir

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Suasana Pantai Festival Ancol, Jakarta, pada hari kedua Lebaran, Kamis (7/7).    (Antara/Rosa Panggabean)
Suasana Pantai Festival Ancol, Jakarta, pada hari kedua Lebaran, Kamis (7/7). (Antara/Rosa Panggabean)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Diprediksi sekitar 1,280 juta pengunjung akan memadati Taman Impian Jaya Ancol saat libur lebaran nanti. Mengatasi kepadatan kendaraan pengunjung, Ancol menerapkan sistem buka tutup, karena kapasitas parkir yang tidak mencukupi.

"Ada simulasi, prinsipnya akan ada management traffic di Ancol karena kapasitas parkir Ancol terbatas. Sehingga kita atur flow atau dengan sistem buka tutup," kata Wakil Direktur PT Pembangunan Jaya Ancol Teuku Sahir Syahali di Restoran Mang Engking Ancol, Jakarta Utara, Kamis (24/5).

Baca: Jelang AG, Ancol Siapkan Hiburan Budaya Asia dan Nusantara

Sahir menuturkan, kenaikan pengunjung tersebut diprediksi akan naik sekitar 14 persen dari tahun sebelumnya, yang mencapai 1,069 juta pengunjung selama libur lebaran. Dari jumlah pengunjung tersebut, tentunya kendaraan pengunjung juga meningkat.

Untuk itu, diperlukan adanya sistem buka tutup agar tidak terjadi penumpukan kendaraan. Sistem buka tutup sendiri bertujuan untuk mengarahkan pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi menuju kantong parkir yang telah disediakan.

"Kantong parkir utama ada dua dalam rangka arus masuk dan sentralisasi parkir. Kantong parkir di Pantai Karnaval dengan kapasitas kurang lebih 4.000 mobil. Kemudian di Pantai Festival kurang lebih 2.000 mobil dan bagian utara 2.000 mobil. Jadi kapasitasnya sampai 9.000 sampai 10.000 maksimal," tambahnya.

Sistem buka tutup, akan diterapkan berdasarkan waktu masuk yang telah ditentukan. Pengunjung yang datang pada pukul 05.00 hingga 09.00 WIB akan diarahkan masuk melalui pintu masuk timur. Nantinya, pengunjung akan diarahkan menuju kantong parkir di Pantai Karnaval Ancol.

"Sistemnya kita atur pengunjung yang masuk dari jam 05.00-09.00 WIB mengisi kantong parkir di Pantai Karnaval terlebih dahulu," katanya.

Sementara itu, pukul 09.00 hingga 12.00 WIB, pengunjung akan diarahkan masuk melalui pintu barat menuju kantong parkir di bagian selatan dan utara Ancol. "Kemudian untuk jam 09.00-12.00, setelah Pantai Karnaval penuh kita buka pintu gerbang barat untuk mengisi kantong parkir dikantong selatan dan utara," katanya.

Sedangkan pada pukul 12.00 hingga 17.00 WIB, semua pintu akan dibuka. "Nah untuk keluar nanti kita arahkan ke gerbang (barat) di depan Kemayoran. Jadi kita atur masuknya cepat, keluarnya cepat, supaya gak macet di dalam," ujarnya.

Dalam memudahkan pengunjung selama berada di kawasan Ancol, disiapkan bus wara-wiri dan kereta wisata yang beroperasi selama 24 jam. Sekitar 88 bus serta empat kereta wisata yang telah disiapkan pihak Ancol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement