Kamis 24 May 2018 20:15 WIB

Jelang AG, Ancol Siapkan Hiburan Budaya Asia dan Nusantara

Ancol ingin membangun demam Asian Games sesuai amanat Pemprov DKI Jakarta

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol, C Paul Tehusijarana (tengah) berfoto bersama jajaran direksi saat public expose di Jakarta, Senin (14/5). Republika/Edwin Dwi Putranto
Foto: Edwin Dwi Putranto/Republika
Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol, C Paul Tehusijarana (tengah) berfoto bersama jajaran direksi saat public expose di Jakarta, Senin (14/5). Republika/Edwin Dwi Putranto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Taman Impian Jaya Ancol menyiapkan berbagai hiburan serta festival bernuansa budaya Nusantara dan budaya Asia, dalam menyambut HUT DKI ke-491, libur lebaran serta Asian Games (AG) 2018. Tema yang diusung yaitu Ancol Asian Festival 2018.

Wakil Direktur PT Pembangunan Jaya Ancol Teuku Sahir Syahali mengungkapkan, kegiatan tersebut akan digelar selama tiga bulan yaitu dari bulan Juni hingga Agustus 2018. Kegiatan tersebut dikemas dalam bentuk pertunjukan seni budaya, musik, kuliner, parade perahu, hingga kompetisi olahraga triathlon.

"Jadi ini program dari Ancol juga menyambut Asian Games. Konteksnya kita bikin panjang dari Juni sampai Agustus. Nah ini pertama di Ancol kita membuat acara sepanjang ini dan non-stop, baik itu budaya Betawi, Nusantara dan Asia," kata Sahir di Restoran Mang Engking Ancol, Jakarta Utara, Kamis (24/5).

Sahir menuturkan, pihaknya ingin membangun demam Asian Games sesuai dengan yang diamanatkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Sehingga, Ancol akan berkontribusi untuk dapat menyukseskan Asian Games. Terlebih lagi, ada beberapa pertandingan yang digelar di kawasan Pantai Ancol.

"Kami ingin membangun demam Asian Games mulai dari sekarang. terlebih Kawasan pantai Ancol juga sebagai venue pertandingan cabang olahraga jetski dan layar sekaligus kami juga ingin tampilkan kekayaan budaya Nusantara untuk menarik minat masyarakat dan juga para delegasi negara peserta kompetisi," tambahnya.

Untuk persiapan lokasi pertandingan, saat ini masih dalam proses pengerjaan. Namun, akan diselesaikan dalam waktu dekat. "Persiapan venue jetski, beberapa minggu lalu pak Wagub dan pak Wapres sudah memantau persiapan venue. Kita harapkan pengerjaanya selesai tepat waktu," katanya.

Beberapa festival yang akan digelar diantaranya Ancol Asian Festival di Pantai Lagoon Ancol selama pekan libur lebaran dari Juni hingga Juli. Dalam acara ini, pengunjung akan disuguhkan dengan berbagai penampilan kesenian nusantara, mulai dari Aceh hingga Papua.

Khusus pada momen ulang tahun DKI Jakarta ke-491, akan diadakan parade spesial 'Explore OndeI-Ondel dan tribute Benyamin Sueb'. Parade ini merupakan parade ondel-ondel kolosal yang pertama kali digelar di pinggir pantai.

Pada Juni hingga Agustus, akan digelar Ancol Kampung Betawi Festival di Pasar Seni Ancol, yang nantinya dibuat tampilannya seperti kawasan Kampung Betawi. Akan ada berbagai kuliner dari UKM Betawi yang tergabung dalam OK OCE, kesenian Betawi, hasil karya khas Jakarta hingga sejarah budaya Betawi akan disuguhkan kepada pengunjung.

Sementara itu, Asian Lantern Festival juga digelar pada 29 Juli hingga 2 September. Akan ada pengenalan bangunan-bangunan bersejarah hingga karakter dari berbagai negara di Asia.

"Asian Lantern Festival ini salah satu destinasi yang diunggulkan, karena akan menjadi pusat pengenalan budaya nusantara dan asia yang rencananya akan menghadirkan para pejabat pemerintahan dan atlit Asian Games," tambahnya.

Acara akan ditutup dengan Ancol Triathlon dan Ancol Kemerdekaan Festival, yang digelar selama Agustus 2018. Kemeriahan dari rangkaian acara tersebut akan berlangsung hingga perayaan HUT RI ke-73. Nantinya akan digelar berbagai pertandingan seperti lomba panjat pinang dengan menghadirkan 189 batang pohon pinang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement