Sabtu 19 May 2018 07:03 WIB

Partai-Partai Ini Dukung Pemprov DKI Jual Saham Bir

Mereka meminta Pemprov DKI tak ragu menjual saham bir.

Pemprov DKI melepas sahamnya di perusahaan bir
Foto:

Pendapat itu didukung Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Gembong Warsono yang menggugat alasan di balik Pemprov DKI melepas saham di perusahaan produsen bir. Gembong menilai, tak ada alasan logis yang bisa diterima terkait pelepasan saham di tengah keuangan pemda yang baik-baik saja.

Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Abdurrahman Suhaimi menyatakan, fraksinya mendukung penuh dan siap meloloskan kebijakan ini di paripurna DPRD nantinya. Suhaimi tak sependapat dengan penilaian sebagian pihak yang menyebut tak ada urgensi melepas saham. Dia justru beranggapan meletakkan saham di PT Delta Djakarta tak ada manfaatnya.

Menurut Suhaimi, hasil penjualan saham bisa dialihkan untuk kebutuhan warga DKI yang lebih prioritas, seperti di bidang pendidikan, pangan, atau kebutuhan air. Dengan cara itu, ia menilai, uang hasil penjualan saham tersebut lebih bermanfaat daripada harus menerima dividen dari perusahaan bir.

"Dalam bahasa agamanya mungkin lebih berkah (jika saham dilepas) kira-kira begitu. Kami setuju (pelepasan saham), kita akan back-up."

Sebagaimana PKS, Fraksi Gerindra DPRD DKI selaku pengusung Anies-Sandi akan mendukung rencana pelepasan saham PT Delta Djakarta saat rapat di dewan. Gerindra akan mengajak sebanyak mungkin fraksi untuk mendukung kebijakan ini. Yang pasti, Gerindra akan mengawal penuh. "Iya (siap dukung)," kata Ketua Fraksi Gerindra DPRD DKI Abdul Ghoni.

Wakil Gubernur DKI Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan akan menggelar lokakarya dengan anggota dewan untuk meyakinkan mereka terkait kebijakan pelepasan saham di PT Delta Djakarta. Forum itu akan dijadikan sarana untuk menjelaskan ke anggota dewan bahwa pelepasan saham tak akan menurunkan pendapatan asli daerah (PAD).

Sandiaga mengatakan, hasil yang diterima dari pelepasan saham tersebut akan diinvestasikan untuk pengembangan fasilitas masyarakat sehingga dapat menciptakan lapangan kerja baru. Dia yakin investasi tersebut akan melipatgandakan PAD.

"Tapi, kita akan melakukan investasi dengan uang tersebut dan investasinya ini adalah difasilitasi masyarakat yang secara social-investment rate of return akan jauh lebih tinggi," ujar Sandiaga.

(Pengolah: erik purnama putra)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement