Jumat 11 May 2018 09:35 WIB

Ustaz Ahmad Isrofiel Pimpin Shalat Subuh di Monas

Sebagian peserta mengibarkan bendera merah putih dan Palestina.

Massa Aksi Bela Palestina mulai padati Monas, Jumat (11/5).
Foto: Republika/Fuji Pratiwi
Massa Aksi Bela Palestina mulai padati Monas, Jumat (11/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ustaz Ahmad Isrofiel menjadi imam shalat Subuh yang digelar di Lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Jumat (11/5).  Shalat Subuh ini merupakan rangkaian dari kegiatan Aksi Selamatkan Baitul Maqdis Dari Penjajahan Israel.

 

Shalat Subuh itu diikuti oleh ribuan Muslim dan Muslimah yang berpartipasi dalam aksi menentang pemindahan kedutaan besar Amerika Serikat di Tel Aviv ke Baitul Maqdis atau Yerusalem.

 

Ahmad Isrofiel adalah seorang ustaz hafidz Alquran yang merupakan alumnus program pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dari pantauan, para jamaah peserta aksi mulai memadati Lapangan Monas sejak dini hari, sebelum adzan Subuh berkumandang sekitar pukul 04.30 WIB. 

 

Shlaat Subuh berakhir sekitar pukul 05.00 WIB dan dilanjutkan dengan pambacaan Alquran Surat Al Isra dan Al Kahfi yang diikuti oleh 1000 penghapal Al Quran yang telah memenangkan berbagai kompetisi di tingkat internasional.

 

Semakin siang jumlah umat Islam yang datang ke Lapangan Monas kian banyak. Mereka berasal dari berbagai organisasi masyarakat, dan ada juga yang datang beserta keluarga, kerabat dan kawan sejawat.

 

Dipekirakan jumlah peserta aksi akan mencapai setidaknya satu juta orang hingga saat digelarnya Shalat Jumat di Lapangan Monas. Pihak panitia menegaskan bahwa kegiatan aksi terbebas dari kampanye politik dalam bentuk apa pun. 

 

Para peserta aksi hanya mengenakan atribut bertema Palestina, seperti syal rajutan dan pin bergambar bendera Palestina dengan kata-kata pembelaan untuk Palestina.  Sebagian peserta lainnya mengibarkan bendera Merah Putih, bendera Palestina, bendera bertuliskan kalimat syahadat berwarna hitam dan putih, serta poster-poster berisi ungkapan pembelaan untuk Palestina dan protes atas penjajahan Israel. 

 

Sementara itu, sejumlah peserta aksi dari kalangan pemuda tampak menerbangkan layang-layang berwarna merah, putih, hijau dan hitam yang merupakan warna dari bendera Palestina.

 

Baca juga,  Peserta Aksi Bela Palestina Mulai Datangi Lapangan Monas. 

 

Pihak panitia menyediakan berbagai fasilitas pendukung kegiatan seperti peturasan, ambulans, tenda-tenda kesehatan dan logistik bagi para peserta aksi.

Kegiatan aksi diisi dengan orasi oleh tokoh-tokoh Islam yang berisi pembelaan untuk Palestina atas Israel yang telah menjajah negeri tersebut sejak 1948 hingga sekarang. 

 

Sebagian peserta aksi juga akan mendatangi Kedutaan Besar AS yang berada di Jalan Merdeka Selatan, tepat di seberang Lapangan Monas, yang saat ini sudah dipasangi pagar kawat berduri. Aksi Selamatkan Baitul Maqdis akan ditutup dengan Shalat Jumat di Lapangan Monas. 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement