Senin 30 Apr 2018 09:47 WIB

Bayi Owa Jawa Lahir Secara Caesar di TNGGP

Ada 20 owa jawa yang menghuni JGC, dua keluarga diantaranya siap dilepasliarkan

Bayi owa Jawa
Foto: Tim JGC
Bayi owa Jawa

REPUBLIKA.CO.ID,BOGOR -- Seekor bayi satwa langka ikonik Jawa Barat, owa jawa, telah lahir di Javan Gibbon Center (JGC) Bodogol, yang berlokasi di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Sabtu (28/4), pkl 23.30 WIB. Bayi owa jawa yang lahir secara caesar (1 jam 7 menit) dari pasangan Boby (bapak) dan Joly (ibu) berjenis kelamin jantan ini, diberi nama "Billy” oleh Kepala Balai Besar TNGGP.

JGC adalah pusat rehabilitasi owa jawa yang dikelola secara kerja sama antara BBTNGGP, CI, dan Yayasan Owa Jawa (YoJ). JGC telah berhasil memulihkan dan memasangkan owa jawa rehabilitan untuk dilepasliarkan di habitat alaminya. Dua puluh individu owa jawa telah berhasil dilepasliarkan.

Untuk pasangan Boby-Jolly, Billy adalah anak kedua mereka, setelah tahun 2017 bayi pertamanya tidak bisa diselamatkan. Saat ini terdapat 20 owa jawa yang menghuni JGC dua keluarga diantaranya sudah siap untuk dilepasliarkan. JGC ini sepenuhnya dikelola oleh para ahli dan praktisi anak bangsa sendiri tanpa campur tangan ahli asing.

Sumber: Balai Besar TNGGP

Dokumentasi Foto: Tim JGC

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement