Sabtu 28 Apr 2018 04:55 WIB

Aher Dapat Penghargaan Istimewa di Akhir Masa Jabatannya

Aher dinilai sukses merintis kerjasama dengan provinsi Gyeongsangbuk-Do.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Didi Purwadi
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan
Foto: Republika/Edi Yusuf
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher), kembali mendapat penghargaan istimewa menjelang akhir masa jabatan. Kini penghargaan datang dari Universitas Kyungwoon di Gumi, Gyeongsangbuk-Do, Korea Selatan yang memberikan gelar Doktor Honoris Causa.

Pemberian gelar tersebut dipimpin oleh Presiden Universitas Kyungwoon, Han Sung Wok dalam upacara khusus yang dihadiri Aher. Acara digelar di Prime Hall, Universitas Kyungwoon, Gumi, Jumat (27/4).

Menurut Rektor Han Seong Wook, pemberian gelar oleh perguruan swasta bergengsi di Korea Selatan ini lahir dari sejumlah alasan serta upaya Aher merintis kerjasama dengan provinsi Gyeongsangbuk-Do. Terutama, terkait pembinaan olahraga Jawa Barat sejak 2010 lalu hingga Jawa Barat meraih prestasi gemilang pada PON 2016 lalu.

"Gubernur Ahmad Heryawan memprakarsai MoU antara Jawa Barat dengan Gyeongsangbuk-Do. Sejak 2010, lalu pada 2011 atas kerjasama ini berlanjut dengan pengiriman pelatih asal Korea Selatan untuk melatih di Jawa Barat," katanya dalam siaran pers yang dikirimkan Humas Pemprov Jabar.

Han Seong Wook menilai, kerja sama ini selanjutnya bisa merajut hubungan persahabatan antara dua gubernur semakin erat. Ini ditandai dengan diberikannya gelar honoris causa pada Gubernur Gyeongsangbuk-Do Mr Kim Kwan Yong dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). "Gelar Doktor Honoris Causa ini adalah simbol persahabatan 2 provinsi," katanya.

Sementara, Aher mengaku sangat terharu dan mengapresiasi atas gelar bergengsi yang diberikan Universitas Kyungwoon. Menurutnya, Doktor Honoris Causa bidang keolahragaan ini sangat bermakna karena kerja sama kedua belah pihak melahirkan kesan mendalam dan perselahabatan kuat.

"Saya tidak menyangka, karena penghormatan tidak hanya berhubungan antar provinsi. Tapi, hubungan ini diperdalam dengan pemberian gelar honoris causa pada saya," katanya.

Aher pun memuji Gubernur Kim yang pandai memelihara persahabatan. Oleh karena itu, Aher memastikan kerja sama yang sudah dibangun selama ini harus dilanjutkan dan ditingkatkan. "Tidak ada kata lain selain harus dilanjutkan. Saat pertama kali kerja sama 2010 lalu, kini atlet Jawa Barat bisa jauh lebih maju dibanding provinsi lain," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement