Kamis 26 Apr 2018 21:52 WIB

Sandiaga: Pergub Pembiayaan Rumah DP Nol Rampung Awal Mei

saat ini masyarakat sudah bisa melihat unit percontohan rumah tersebut.

Rep: Sri Handayani/ Red: Andi Nur Aminah
Warga melihat rumah tipe hunian DP Nol Rupiah berupa rumah susun sederhana milik (rusunami) di Kantor Informasi Klapa Village, Pondok Kelapa, Jakarta, Ahad (21/1).
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Warga melihat rumah tipe hunian DP Nol Rupiah berupa rumah susun sederhana milik (rusunami) di Kantor Informasi Klapa Village, Pondok Kelapa, Jakarta, Ahad (21/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI tak akan menunda-nunda pengesahan peraturan gubernur (pergub) yang mengatur tentang pembiayaan rumah dengan uang muka Rp 0 (Rumah DP Nol). Ia memastikan pergub itu akan disahkan pada awal Mei. "Tidak ada pengunduran. Tetap awal Mei, kita akan rampungkan Pergub Pembiayaan," kata Sandiaga di Jakarta Creative Hub, Jakarta Pusat, Kamis (26/4).

Politikus Partai Gerindra itu menampik Pemprov sengaja menunda-nunda penyelesaian pergub tersebut. Dia mengatakan, Pemprov justru ingin memastikan pergub tersebut siap untuk diaplikasikan.

 

photo
Pekerja menyelesaikan pembangunan contoh unit rumah DP nol Rupiah di kawasan Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara. 

Sandiaga menambahkan, saat ini masyarakat sudah bisa melihat unit percontohan (mockup) Rumah DP Nol Persen di Klapa Village, Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Ia juga menyebut beberapa progres lain, misalnya adanya pola kolaborasi dengan dunia usaha, terbitnya Pergub tentang unit pengelolaan teknis (UPT), dan personalia yang telah terisi.

Untuk pembiayaan, saat ini Pemprov DKI sedang berupaya berkoordinasi dengan pihak perbankan. Pemprov juga menyiapkan skema di luar apa yang telah diatur pemerintah pusat. "Jadi ada yang fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) dan FLPP DKI," ujar dia.

Sandiaga berharap, skema FLPP DKI akan selesai pada pertengahan tahun. Ia memprediksi pembukaan pendaftaran bisa dilakukan pada kuartal ketiga 2018. Kendati demikian, Sandiaga menambahkan, para warga yang mendaftarkan program Rumah DP Nol di Klapa Village telah didata. Jumlahnya diklaim telah mencapai 7.000 orang.

photo
Warga melihat maket hunian DP Nol Rupiah berupa rumah susun sederhana milik (rusunami) di Kantor Informasi Klapa Village, Pondok Kelapa, Jakarta.

Di proyek Rumah DP Nol yang dipegang swasta, tepatnya di Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, jumlah pendaftar disebut telah mencapai 2.000 orang. Menurut Sandiaga, data-data itu akan diverifikasi kembali saat pendaftaran Rumah DP Nol telah resmi dibuka. "Begitu kita buka secara resmi, nanti data-data tersebut akan kita pastikan sesuai dengan mekanisme dan parameter yang kita inginkan," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement