Jumat 20 Apr 2018 18:41 WIB

'Jangan Lupakan Tragedi Rohingya'

Baznas akan menyalurkan bantuan itu untuk kesehatan di pengungsian saat Ramadhan 2018

Dirut Republika Media Mandiri Agoosh Yoosran menyerahkan sumbangan pembaca Republika untuk Rohingya kepada Deputy BAZNAS M. Arifin Purwakananta (kiri) di Kantor Republika, Jakarta, Jumat (20/4).
Foto: Republika/Prayogi
Dirut Republika Media Mandiri Agoosh Yoosran menyerahkan sumbangan pembaca Republika untuk Rohingya kepada Deputy BAZNAS M. Arifin Purwakananta (kiri) di Kantor Republika, Jakarta, Jumat (20/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para pembaca Republika menyalurkan donasi kemanusiaan untuk warga Rohingya di Myanmar. Dana kemanusiaan yang dihimpun selama enam bulan ini, akan di salurkan melalui lembaga filantropi Dompet Duafa, Baznas, Rumah Zakat, ACT, dan Mer-C.

 

Pemimpin Redaksi (Pemred) Republika, Irfan Junaidi mengatakan, total bantuan yang dititipkan pembaca kepada Republika ini berjumlah Rp 1.197.000.000. Tentu, kata dia, Republika akan terus memonitor dana kemanusiaan tersebut agar benar-benar tersalurkan dan mempunyai nilai manfaat yang besar bagi warga Rohingya.

 

"Republika akan terus memonitor supaya bantuan yang dititipkan oleh pembaca ini benar-benar sampai dan mempunyai nilai manfaat yang besar untuk mengatasi krisis kemanusiaan Rohingya," ujar Irfan di kantornya, Republika, Jalan Warung Buncit Raya, Jakarta Selatan, Jumat (20/4).

 

Irfan melanjutkan, bantuan kemanusiaan ini sengaja diberikan baru-baru ini bukan tanpa alasan. Menurutnya, saat orang-orang berduyun-duyun memberikan bantuan, tentu pasokan bantuan akan berlebih.

 

"Nah kita berpikir mungkin nanti tiga empat bulan kemudian eforia ini akan reda, sehingga kita cadangkan kalau orang sudah lupa baru kita berikan untuk menutupi kekurangan," ungkapnya.

 

Selain itu juga ucapnya, sebagai pengingat supaya tragedi Rohingya ini tidak dilupakan begitu saja. Meskipun banyak musibah yang juga muncul di sana-sini termasuk di dalam negeri sendiri.

 

Irfan juga mengucapakan terima kasih kepada para pembaca Republika atas solidaritasnya dan atas kepercayaannya kepada Republika untuk memberikan bantuan kemanusiaan tersebut.

 

Menyangkut Rohingya, Direktur Utama PT Republika Media Mandiri (RMM) Agoosh Yoosran mengatakan, tidak bisa lepas dengan tragedi-tragedi memilukan yang menimpa orang-orangnya. Mereka, kata Agoosh, bukan saja diusir dari negaranya, Myanmar, namun juga terjadi pembantaian hingga pembunuhan. 

 

Maka. tidak heran bila kemudian banyak dari mereka yang pontang panting mencari kehidupan di negara-negara lain. "Atas dasar targedi kemanusiaan, Republika sebagai koran umat punya tanggung jawab untuk ikut membantu sodara kita yang sekarang sedang mengalami musibah, apalagi seiman," ujarnya.

 

Deputi Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), M Arifin Purwakananta mengatakan, sebagai lembaga yang turut menyalurkan bantuan kemanusiaan Rohingya, mengucapkan terima kasih kepada para pembaca Republika yang turut peduli. Semoga, kata Arifin, bantuan dari para pembaca Republika ini dapat memberikan suntikan semangat kembali bagi warga Rohingya yang saat ini tengah mengalami penderitaan yang luar biasa.

 

"Bantuan dari pembaca Republika ini akan kami salurkan untuk membantu kesehatan di pengungsian. Apalagi ini mendekati Ramadhan kami ingin mereka tetap sehat, dapat beraktvitas sampai ada solusi bagi mereka untuk mendapatkan tempat yang lebih baik," kata Arifin.

 

Mabruroh

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement