Selasa 17 Apr 2018 22:39 WIB

PB HMI Serukan Perdamaian di Konferensi Pemuda Muslim Dunia

Setidaknya ada 9 rekomendasi yang lahir dari forum itu.

Ketua Umum PB HMI, Saddam Al Jihad
Foto: ist
Ketua Umum PB HMI, Saddam Al Jihad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) menghadiri Islamic Conference Youth Forum for Dialogue and Cooperation (ICYF-DC) yang berlangsung sejak 15-19 April 2018. 

 

Forum yang mempertemukan pemuda muslim seluruh dunia itu pada dasarnya didirikan untuk membicarakan isu mengenai pembangunan pemuda muslim. Banyak isu yang dibahas, mulai dari pendidikan,ekonomi, politik terutama yang berkaitan dengan pemuda. 

 

Peserta dari forum tersebut berasal  dari negara yang tergabung dalam Organisasi Kerjasama Islam (OKI). Pertemuan kali ini, setidaknya telah melahirkan usulan dan keputusan. Setidaknya ada 9 rekomendasi yang lahir dari forum itu. 

 

Salah satunya yang tetap relevan adalah ajakan menciptakan perdamaian. Semua sepakat untuk sama-sama membangun solidaritas demi sebuah rekonsiliasi bagi negara-negara yang tergabung di OKI yang terlibat konflik. 

 

Ini Mengingat wilayah Timur Tengah rentan terjadi konflik atau perang, seperti yang terjadi baru-baru ini, presiden AS dan sekutunya menyerukan untuk menyerang Syria. Belum lagi penjajahan Palestina yang belum juga menemukan solusi. 

 

Ketum PB HMI, Respiratori Saddam Al Jihad yang ikut serta dalam forum tersebut menekankan, pertingnya secara bersama-sama menjaga perdamaian. “Kita harus sama-sama menciptakan iklim perdamaian di seluruh dunia. Sudah lama kita menyaksikan penjajahan terhadap negeri Palestina, jangan ada darah yang menetes lagi, jangan biarkan ada korban jiwa yang tidak berdosa jatuh lagi,” kata Saddam. 

 

‘Call for peace, solidarity and reconciliation between OIC Member States, given the necessity for joint action to address challenges of the future in need of unity and immediate attention in the present, while stressing the need for Member States to depoliticize all youth related decisions;’ demikian bunyi salah satu poin rekomendasi dalam forum pemuda itu.  

 

Saddam melihat terkait pembangunan pemuda tidak mungkin bisa dilepaskan dari isu pendidikan. Saddam sejalan dengan apa yang pernah dikatakan peraih nobel ekonomi, Amartya Sen bahwa ‘pendidikan adalah kapabilitas’. 

 

Melalui pendidikan, kata dia, manusia bisa tercerahkan, dan yang paling penting bisa terbebas dari kemiskinan. Peradaban setidaknya bisa lebih baik akibat pendidikan. Orang-orang berpendidikan berpeluang punya kehidupan layak. 

 

"Diharapkan, lewat orang-orang muslim terdidik masa depan dunia menjadi jauh lebih baik, tegasnya. 

 

Untuk mewujudkan itu, lanjut Saddam, muslim dunia mesti merancang pola pendidikan yang efektif dan tepat sasaran. Tidak ada cara lain. Kunci kemajuan dari suatu bangsa adalah pendidikan. 

 

"Dari sana akan lahir suatu penemuan yang tentu bisa bermanfaat bagi kepentingan orang banyak. Pemuda muslim hari ini juga penting merawat warisan-warisan Islam dan hak asasi manusia demi terciptanya masyarakat yang adil, dan memberikan kesempatan yang sama dalam hal kebebasan berbicara dan berusaha," tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement