Kamis 12 Apr 2018 19:55 WIB

Gerindra Siapkan Strategi Kalahkan Jokowi di Pilpres 2019

Gerindra belajar dari kesalahan di Pilpres 2014 yang harus mengakui keunggulan Jokowi

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Andri Saubani
Joko Widodo (Jokowi) bersama Prabowo Subianto
Foto: Agung Supriyanto/Republika
Joko Widodo (Jokowi) bersama Prabowo Subianto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengungkap partainya akan menyiapkan strategi untuk memenangkan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Pemilihan Presiden 2019. Itu setelah, Partai Gerindra resmi menyatakan akan mencalonkan kembali Prabowo menantang Joko Widodo.

Muzani mengatakan, Gerindra belajar dari kesalahan di Pilpres 2014 lalu yang harus mengakui keunggulan Jokowi. "Kami punya pengalaman berhadapan dengan Pak Jokowi di tahun 2014. Bagaimana Pak Jokowi juga punya pengalaman berhadapan dengan Pak Prabowo dan kami punya banyak catatan. Sehingga catatan itu yang akan kami buka kembali," ujar Muzani di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (12/4).

Ia juga mengaku tidak khawatir jika elektabilitas Prabowo dinilai masih jauh di bawah Jokowi. Ini kata Muzani, juga pernah terjadi sebelum pelaksanaan Pilpres 2014 lalu. Namun, jarak yang jauh antara Prabowo dan Jokowi berubah saat mendekati Pilpres.

"Gap (jarak) yang sama terjadi. Pak Jokowi jauh di atas Pak prabowo sehingga kami berjuang keras ketika itu saudara-saudara tahu pertarungan itu sengit nyaris dua-duanya," kata Muzani.

Wakil Ketua MPR itu menegaskan, Gerindra mempunyai cara agar Prabowo memang dari Jokowi. Seperti halnya ia pernah lakukan saat memenangkan Jokowi-Ahok di Pilkada DKI 2012 dan Anies-sandi di Pilkada 2017.

"Gap-nya jauh antara Pak Jokowi dengan Foke. kami juga punya cara bagaimana memenangkan Pak jokowi. Termasuk Anies, Gap-nya jauh dengan Ahok. Kami juga punya cara memenangkan Anies. Jadi cerita itu biasa dalam sebuah pilkada dan pilpres, bukan sesuatu yang mengerutkan dahi," ujar Muzani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement