Kamis 12 Apr 2018 07:42 WIB

Jokowi Tinjau Proyek Jembatan Holtekamp

Jembatan akan menghubungkan Jayapura dengan Pos Lintas Batas Negara.

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Teguh Firmansyah
Jembatan Holtekamp, Jayapura, Papua, yang selesai 95 persen pembangunannya, tampak, Rabu (11/4).
Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Jembatan Holtekamp, Jayapura, Papua, yang selesai 95 persen pembangunannya, tampak, Rabu (11/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya ke Papua menyambangi Jembatan Holtekamp di Jayapura. Jembatan ini diharapkan mampu menumbuhkan titik perekonomian baru bagi warga Papua .

"Ini kan menghubungkan Jayapura terutama dengan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Skouw," ujarnya, Kamis (12/4).

Dengan keberadaan jembatan tersebut akan memperpendek jarak tempuh dari Jayapura ke Skouw. Dari yang tadinya membutuhkan waktu tempuh selama 2,5 jam, dengan adanya jembatan Holtekamp bisa ditempuh dalam waktu 1 jam.

Selain titik perekonomian baru yang berada di timur Jayapura, kawasan di sekitar jembatan ini juga akan menjadi kawasan wisata. Jembatan sepanjang 7 kilometer (km) tersebut, ia melanjutkan, didesain dan dibangun di Jayapura meski untuk lengkung jembatan dibangun di PT PAL Surabaya.

Jokowi pun menyoroti kolaborasi pendanaan proyek yang melibatkan Pemerintah Kota, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat. "Ada bagiannya, itu yang bagus di situ juga," kata dia.

Dijadwalkan, kunjungan kerja presiden akan dilanjutkan ke Asmat bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljoni dan Menteri Kesehatan Nina Moeloek.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement