Selasa 10 Apr 2018 20:02 WIB

Bamusi Junjung Pernyataan KH Hasyim Asy'ari Soal Cinta Tanah

Mencintai tanah air adalah bagian dari iman.

Sekum Bamusi, Nasyirul Falah Amru
Foto: istimewa
Sekum Bamusi, Nasyirul Falah Amru

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Bamusi Nasyirul Falah Amru mengatakan, safari politik DPP PDI Perjuangan yang dipimpin Sekjen Hasto Kristiyanto ke DPP PKB membuktikan partai nasionalis Islam dan Islam nasionalis bisa bekerja sama dalam membangun bangsa serta negara.

 

"Kita ketahui PKB sejak 2009 lalu merupakan partai pengusung Jokowi-JK. Kerja sama yang telah dibangun PDI Perjuangan dengan PKB menunjukkan hubungan yang mesra antara nasionalis islam dan islam nasionalis," kata Falah di DPP PKB, Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Selasa (10/4)

 

Menurut dia, baik PDI Perjuangan dan PKB merupakan dua partai yang menjunjung pernyataan pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy'ari, yakni //hubbul wathon minal iman// yang artinya cinta tanah air bagian dari iman. Sehingga terdapat hubungan antara nasionalis islam dan islam nasionalis.

 

"Mencintai tanah air adalah bagian dari iman. Ini secara esensial merupakan pernyataan sikap secara langsung tentang nasionalisme," ujarnya.

 

Falah yang menjabat sebagai Bendahara Umum (Bendum) PBNU tersebut mengungkapkan, antara nasionalis Islam dan Islam nasionalis memiliki hubungan historis dalam kemerdekaan bangsa Indonesia.

 

"Para pejuang dahulu tidak membedakan mana nasionalis mana islam. Mereka hanya punya satu tujuan demi meraih kemerdekaan bangsa," kata anggota Komisi VII DPR tersebut dalam siaran pers.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement