Ahad 08 Apr 2018 11:00 WIB

Banjir Bandang Terjang Sejumlah Kecamatan di Cianjur

Diiperkirakan ada sekitar ratusan rumah yang terdampak banjir bandang

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Andi Nur Aminah
Banjir bandang/ilustrasi
Foto: Antara
Banjir bandang/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Bencana banjir bandang menerjang sejumlah kecamatan di Kabupaten Cianjur Sabtu (7/4) malam. Dampaknya permukiman warga sempat terendam banjir akibat meluapnya Sungai Cianjur. Keterangan yang diperoleh menyebutkan bencana tersebut terjadi setelah wilayah Cianjur diguyur hujan deras sejak Sabtu sore. Hal ini menyebabkan aliran Sungai Cianjur meluap. "Banjir dilaporkan terjadi di beberapa kecamatan mulai Cipanas, Pacet, Cugenang hingga Cianjur Kota," terang Wakil Bupati Cianjur Herman Suherman kepada wartawan Ahad (8/4).

Pada Sabtu malam pun Wabup Cianjur bersama Polres Cianjur dan unsur muspida lainnya langsung meninjau lokasi bencana terutama sejumlah jalan yang digenangi banjir. Menurut Herman, banjir terjadi setelah wilayah Cianjur diguyur hujan deras selama beberapa jam. Dampaknya air sungai meluap dan mengenai jalan dan permukiman warga.

Herman mengungkapkan, diperkirakan ada sekitar ratusan rumah yang terdampak banjir bandang. Saat ini petugas gabungan sudah dikerahkan ke lokasi bencana untuk melakukan penanganan dan membantu warga yang terdampak bencana. Petugas yang dikerahkan berasal dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Satpol PP, dan lain sebagainya.

Pada Ahad ini Herman mengatakan, petugas akan membantu warga membersihkan lumpur yang masuk ke permukiman warga. Herman mengatakan, bencana banjir ini selain diakibatkan cuaca dipengaruhi pula oleh faktor lainnya. Di antaranya kurangnya kesadaran warga dalam menjaga kebersihan dengan membuang sampah sembarangan, lahan gundul, dan penyempitan aliran sungai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement