Jumat 06 Apr 2018 13:37 WIB

RS Tebet Buka Layanan Dialisis Berstandar Internasional

Peresmian layanan ini menandai peringatan HUT ke-36 tahun RS Tebet.

Situasi di ruangan Unit Dialisis di lantai 3 RS Tebet
Foto: Istimewa
Situasi di ruangan Unit Dialisis di lantai 3 RS Tebet

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rumah Sakit (RS) Tebet, yang dikenal dengan keunggulan pelayanan penyakit dalam, kini melengkapi dirinya dengan pelayanan Dialisis berstandar internasional. Peresmian layanan ini menandai peringatan HUT ke-36 tahun RS Tebet.

Peresmian pelayananan Dialisis dilakukan jajaran pengurus, pembina Yayasan Bina Sehat Interna dan direksi rumah sakit di RS Tebet Jalan Letjen MT Haryono Kav. 13 No 8, Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (5/4). Pada saat yang sama diresmikan juga pelayanan counter khusus Mandiri Inhealth untuk membantu pasien mendapatkan pelayanan administratif yang lebih cepat dan ringkas.

Hadir dalam acara ini, Pembina Yayasan Bina Sehat Interna (YBSI) Prof Dr WH Sibuea, SpPD; Dirut RS Tebet Dr Esther Poerwantoro, SpPK; Direktur Utama Mandiri Inhealth Iwan Pasila, Managing Director Fresenius Dr Parulian Simanjuntak, MM, pengurus YBSI, jajaran direksi lainnya. Peresmian counter Mandiri Inhealth dilakukan di lantai 1 sedangkan peresmian Unit Dialisis dilakukan di lantai 3 gedung rumah sakit ini.

Menurut Dr. Esther Poerwantoro, SpPK, Dirut RS Tebet, layanan Dialisis yang disediakan RS Tebet adalah layanan Dialisis berstandar internasional. Dan standar internasional ini juga disediakan bagi pasien BPJS Kesehatan.

“RS Tebet dikenal unggul dalam bidang spesialis penyakit dalam. Bertumbuhnya prevalensi penduduk dengan penyakit kronis seperti hipertensi dan diabetes yang dapat menyebabkan penyakit ginjal kronis, dan kenyataan bahwa masih sulitnya akses bagi pasien untuk memperoleh Dialisis yang layak menggugah kam i menyiapkan layanan Dialisis yang berstandar internasional,” kata Dr. Esther Poerwantoro, SpPK dalam keterangannya.

Layanan ini dilakukan dengan bekerja sama dengan Fresenius Medical Care, yang berkantor pusat di Jerman.  Fresenius merupakan perusahaan penyedia alat kesehatan dan penyelenggara layanan kesehatan di dunia yang bergerak di bidang Dialisis, yang sudah ada sejak 1462. Dikatakan, Fresenius berkomitmen untuk memberikan penanganan yang terbaik bagi pasien gagal ginjal dengan cara menyediakan solusi komprehensif , mulai dari penelitian dan pengembangan produk dialisis inovatif (teknologi mutakhir)  sampai dengan menyediakan pilihan terapi disertai pendidikan  yang serta  keahlian secara klinis maupun teknis.

Layanan ini juga akan memberikan edukasi kepada pasien dan keluarga mulai dari metabolisme tubuh, penurunan fungsi ginjal hingga gagal ginjal akut maupun kronis. “Layanan ini membuktikan komitmen kami yang selalu berupaya memberikan pelayanan yang holistik dan komprehensif agar pasien mampu hidup dengan kualitas yang baik, dan dengan demikian memiliki angka harapan hidup yang lebih tinggi,” ujar Dr Esther.

RS Tebet memiliki visi menjadi rumah sakit yang holistik, kompetitif, dan terpercaya. RS untuk itu RS Tebet memberikan pelayanan kesehatan bermutu dan penuh kasih atas kebutuhan dan keselamatan pasien, melaksanakan pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia yang profesional dan memenuhi kesejahteraan yang berkesinambungan, serta memegang teguh etika, nilai, norma dan budaya.

Sementara itu, Prof. Dr. WH Sibuea SpPD mengatakan, RS Tebet ingin memiliki layanan yang lebih luas dan standard tinggi di semua poli pelayanan untuk membantu masyarakat, khususnya dengan unit hemodialisis bertaraf internasional ini dapat dimanfaatkan traveler kesehatan yang suka bepergian ke luar negeri untuk memanfaatkannya di RS Tebet.

Masih berkaitan dengan HUT RS Tebet ke-36, juga akan dilakukan peresmian Klinik Geriatri pada Jumat (6/4/2018). Klinik Geriatri RS Tebet menyediakan konsultasi penyakit dalam geriatri, juga rehabilitasi dan psikiatri. Hal ini dapat membantu penduduk dengan usia lanjut untuk memiliki angka harapan hidup lebih tinggi dan dapat hidup terus aktif dan mandiri. Satu layanan yang diresmikan juga adalah layanan endoskopi (gastroscopy dan colonoscopy), yang juga menerima pasien BPJS Kesehatan.

Terus bertambahnya poli layanan bagi pasien BPJS Kesehatan, menunjukkan kuatnya komitmen RS Tebet untuk mendukung Pemerintah pada Program Jaminan Kesehatan Nasional. Seperti telah diketahui, RS Tebet telah meresmikan poli layanan BPJS Kesehatan sejak 31 Januari 2017; beroperasi setiap hari Senin sampai hari Sabtu. Termasuk pelayanan satu atap dengan Mandiri Inhealth yang tersedia hari Senin- Sabtu dari pukul 07.00 sampai pukul 21.00.

Sebelum ini, RS Tebet juga terpilih menjadi Rumah Sakit Trauma Center (RSTC) terbaik di Indonesia oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. RS Tebet sudah terakreditasi dan dinyatakan sebagai rumah sakit tipe B melalui SK Menteri Kesehatan. Pelayanan yang disediakan: Instalasi Gawat Darurat, Poliklinik Rawat Jalan terdiri dari Klinik Dokter Umum, Klinik Spesialis dan Klinik Spesialis Gigi dan Mulut. Pelayanan Khusus, meliputi Klub Diabetes, Klub Asma dan Konsultasi Gizi. Medical Check Up (berbagai MCU, termasuk diantaranya adalah MCU bagi calon karyawan). Pelayanan Rawat Inap. Fasilitas Penunjang Medik (radiologi, laboratorium - sistem laboratorium otomatis dan terintegrasi dan tenaga patologi klinik yang handal -, kardiologi, rehabilitasi medik). Kemudian didukung fasilitas penunjang lainnya, seperti ATM, CSSD, STP, water treatment, laundry,dan cafetaria.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement